Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 09 2021

    Proyek Penelitian Leonardo Da Vinci, Peneliti Temukan 14 Keturunannya

    Di antara Kawula Muda ada yang ngefans sama Leonardo Da Vinci gak ya?!

    Leonardo da Vinci (hypebeast.com)

    Peneliti menemukan 14 keturunan hidup Leonardo da Vinci saat melakukan penelitian untuk mengungkap kecerdasan dari seniman serba bisa yang legendaris ini.

    Para antropolog telah mengumpulkan keturunan Da Vinci yang tersisa untuk mengurutkan DNA-nya guna memahami bakat yang luar biasa itu. Dalam penelitian ini, sang peneliti utama sangat tertarik pada ketajaman visualnya dan mengharapkan bisa menciptakan gambar tiga dimensi setelah mendapat urutan genom. 

    Dalam jurnal Human Evolution, antropolog mencari garis keturunan dari sang legendaris yang berumur 690 tahun itu. Dimulai dari kakek Da Vinci yaitu Michele, yang melewati 21 generasi dengan 5 keluarga sampai ke 14 keturunan sekarang. 

    Michele Da Vinci lahir pada tahun 1331 sedangkan Leonardo, lahir pada 15 April 1452 di Anchiano, Italia. Ia tidak punya anak sampai tutup usia pada 2 Mei 1519, namun dia mempunyai 22 saudara tiri. 

    Peneliti melacak kromosom Y yang biasanya didapat dari ayah sehingga mereka meyakini keturunan tidak langsung dari Da Vinci. Dikutip dari Sky News, mutasi genetis bisa saja terjadi pada 25 generasi keluarga Da Vinci. 

    “Membandingkan kromosom Y dari kerabat pria saat ini dengan leluhurnya di situs pemakaman kuno dan modern akan mengesahkan garis keluarga dan kromosom Leonardo,” kata sang pakar.

    Leonardo da Vinci merupakan seniman ternama yang memiliki banyak karya. Tidak hanya lukisan mengenai agama, ia juga jadi legenda dari guratan-guratan dalam kertas yang setelah diteliti merupakan awal dari tank dan helikopter. 

    Puluhan tahun dilakukan penelitian akhirnya terungkap bagaimana dia bisa begitu hebat menggambar capung dan kupu-kupu. Peneliti menyebut bahwa Da Vinci memiliki sifat genetis dan berlatih maka ia bisa menggambar hewan sekecil dan secepat itu. 

    Editor Team

    COMMENT