Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 23 2021

    PT Jasa Marga Gunakan Stiker RFID untuk Menunjang Transaksi Tol Secara Touchless

    Makin canggih aja nih, Kawula Muda!

    (KOMUNITAS VELOZITY)

    PT Jasa Marga (Persero) Tbk sedang menguji transaksi tol dengan metode touchless Single Lane Free Flow (SLFF) dan menggunakan layanan stiker Radio Frequency Identification (RFID).

    Menurut keterangan yang diberikan oleh Corporate Communication Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, stiker ini akan diberi nama Let it Flo. Stiker ini dilengkapi dengan teknologi RFID yang dapat ditempel di bagian lampu utama mobil.

    Alasan pemasanganan stiker pada bagian lampu utama mobil adalah karena lampu utama merupakan satu-satunya bagian mobil yang tidak mengandung logam maupun metal yang dapat mengganggu teknologi RFID.

    Pemasangan stiker di lampu utama mobil juga bertujuan agar mesin sensor dari gerbang tol dapat menerima gelombang frekuensi yang berasal dari stiker sehingga pembatas tol dapat terbuka dengan otomatis.

    Penggunaan teknologi ini juga membutuhkan aplikasi dompet digital khusus yaitu FLO. Pengguna dapat mengunduh aplikasi tersebut di PlayStore maupun AppStore untuk melakukan pembayaran tol melalui aplikasi yang terkoneksi dengan RFID.

    Uji coba stiker ini masih dalam tahap terbatas dan belum beredar secara komersil. PT Jasa Marga telah melakukan uji coba di beberapa tol di wilayah Jabodetabek, seperti Tol Dalam Kota, JORR, Jagorawi, Jakarta-Tangerang, dan Jakarta Cikampek. Selain daerah Jabodetabek, Jasa Marga juga tengah melakukan uji coba di Gardu Tol Ngurah Rai sampai Jalan Tol Bali Madura.

    Editor Team

    COMMENT