Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 23 2021

    Pulau Baru Mendadak Muncul dari Bawah Laut Jepang

    Kawula Muda, kejadian di Jepang ini bukan yang pertama kali, lho!

    (www.theguardian.com)

    Sebuah pulau baru tiba-tiba muncul di Jepang dan menambah daftar pulau di negara yang sebelumnya memiliki sekitar 6.000 pulau itu. Ilmuwan mengatakan bahwa daratan baru itu terbentuk akibat adanya erupsi vulkanis di bawah laut. 

    Dilansir dari Guardian, pulau baru itu terbentuk di Samudera Pasifik, sekitar 50 kilometer dari pulau paling selatan di kepulauan Ogasawara yaitu Minati Outo. Menurut pengawas pantai Jepang, pulau itu berbentuk bulan sabit dengan diameter kira-kira 1 kilometer. 

    Sampai saat ini, pulau baru tersebut belum bisa ditentukan apakah menjadi permanen atau nantinya hilang karena ada beberapa faktor yang perlu dilihat terlebih dahulu.

    Pulau ini dikatakan bisa menjadi solid dan bertahan lama menghadapi berbagai terjangan ombak apabila terjadi aktivitas vulkanis yang memproduksi lava dengan jumlah yang besar. 

    Namun, profesor Kenji Nigami dari Volcanic Fluid Research Centre di Tokyo Institute of Technology menyatakan kemungkinan material pembentuk pulau baru itu adalah abu dan batu apung. Sehingga pulau itu bisa hilang tergerus mengingat ganasnya aktivitas laut. 

    Sebelumnya, pulau sejenis sudah pernah muncul di area yang sama pada 1904, 1914, serta 1986, dan berakhir hilang karena faktor erosi. Di 2013, juga sempat ada aktivitas vulkanis selama berminggu-minggu yang menghasilkan daratan dan bergabung di Pulau Nishinoshima.

    Menurut lembaga meteorologi Jepang, masih ada kemungkinan erupsi bawah laut akan terjadi lagi sehingga mereka mengeluarkan peringatan untuk para penduduk agar lebih waspada.

    Editor Team

    COMMENT