Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 29 2021

    Punya Alur yang Dinilai Bermasalah, Nickelodeon Putuskan Hapus Dua Episode “SpongeBob SquarePants”

    Kawula Muda, episode-episode ini dinilai nggak pantas ditonton oleh anak-anak

    Serial animasi "SpongeBob SquarePants". (DeviantArt)

    Dua episode SpongeBob SquarePants, yakni Mid-Life Crustacean dan Kwarantined Krab, diputuskan untuk dihapus oleh Nickelodeon. Mid-Life Crustacean bahkan tak lagi tersedia di Pramount+ dan Amazon.

    Keputusan ini diambil menyusul adanya anggapan bahwa alur cerita kedua episode tersebut problematis dan tak pantas ditonton oleh anak-anak.

    Mid-Life Crustacean pertama kali tayang di Nickelodeon pada 2003. Episode ini berkisah tentang Tuan Krabs yang tengah mengalami mid-life crisis. Untuk membantunya keluar dari hal tersebut, SpongeBob dan Patrick berupaya menghadirkan pengalaman menyenangkan bagi tuan Krabs.

    Pada satu scene episode, Patrick mengusulkan agar Tuan Krabs ikut melakukan panty raid bersamanya dan SpongeBob. Panty raid merupakan aksi menyelinap masuk ke rumah wanita untuk mencuri pakaian dalam.

    Namun, ternyata rumah yang mereka masuki malam itu adalah rumah milik ibu Tuan Krabs. Akibatnya, Tuan Krabs dikurung sepanjang malam di kamar masa kecilnya.

    Mid-Life CrustaceanCuplikan adegan dalam episode "Mid-Life Crustacean". (GIPHY)

     

    Mid-Life Crustacean dihapus sejak 2018 setelah kami melakukan peninjauan standar dan memutuskan bahwa beberapa elemen dalam cerita tidak pantas untuk (ditonton) anak-anak,” ujar perwajilan Nickelodeon, seperti dikutip dari IGN.

    Sayangnya, ketika ditanya mengenai bagian mana yang kontroversial, Nickelodeon memilih tidak memberi komentar. Demikian pula saat ditanyai soal ada/tidaknya upaya Nickelodeon memberi peringatan konten dewasa di awal episode, mereka memilih merespons dengan, “No comment.”

    Umumnya, dua episode SpongeBob SquarePants akan digabungkan menjadi satu untuk memenuhi slot durasi 30 menit di televisi. Adapun, episode pendamping Mid-Life Crustacean adalah The Great Snail Race.

    Episode pendamping tersebut masih tersedia di Paramount+. Namun, baik Mid-Life Crustacean maupun The Great Snail Race, dilaporkan sudah tak lagi tersedia di Amazon.

    Sementara itu, Kwarantined Krab ditarik karena dinilai punya banyak kemiripan dengan pandemi Covid-19. Kwarantined Krab berkisah tentang kunjungan seorang inspektur kesehatan ke Krusty Krab.

    Sang inspektur menemukan bahwa terdapat kasus clam flu di restoran sehingga melakukan karantina pada seluruh penghuni. Dalam waktu singkat, tiap-tiap karakter mulai menanam kecurigaan pada karakter lain.

    Kwarantined KrabEpisode "Kwarantined Krab" yang dihapus oleh Nickelodeon. (spongebob.fandom.com)

     

    “Episode Kwarantine Krab berfokus pada virus. Maka, kami memutuskan untuk tidak menyiarkannya karena berkaitan dengan kondisi pandemi yang sedang berlangsung saat ini,” ucap pihak Nickelodeon.

    Namun, IGN melaporkan bahwa episode ini masih masih beredar secara daring dalam bahasa Inggris. Cuplikan episode Kwarantined Krab juga disbeut tersedia di YouTube dalam bahasa Spanyol. Namun, lagi-lagi Nickelodeon enggan memberi komentar terkait hal ini.

    Meski harus kehilangan dua episode, Nickelodeon telah menyiapkan sejumlah tayangan lain bagi para penggemar SpongeBob, salah satunya program spin off dari serial original SpongeBob. Menurut laporan, Nickelodeon akan meluncurkan spin-off dari episode Kamp Koral yang mengisahkan petualangan SpongeBob di perkemahan musim panas.

    Editor Team

    COMMENT