Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Aug 30 2022

    Rangkuman Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J: Pengacara Tak Boleh Ikut, Sambo Pakai Baju Tahanan

    Proses rekonstruksi di rumah Ferdy Sambo, di Jalan Saguling, Jakarta Selatan, hari ini (30/8/2022)

    Ferdy Sambo, terlihat mengenakan baju tahanan saat mengikuti proses rekonstruksi, (Polri TV).


    Lima tersangka pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J sedang menjalani proses rekonstruksi di rumah Ferdy Sambo, di Jalan Saguling, Jakarta Selatan, hari ini (30/8/2022).

    Empat di antaranya yakni eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo (FS), Bharada Richard Eliezer (E), Bripka Ricky Rizal (RR), dan Kuat Maruf (KM) yang mengenakan baju tahanan.

    Ferdy Sambo sampai ke lokasi lebih dahulu dibanding tersangka lainnya. Ferdy dibawa dengan menggunakan kendaraan taktis Brimob.

    Rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J ini ditayangkan langsung melalui akun YouTube Polri TV Radio. 

    Dikabarkan, pengacara keluarga Brigadir J, Martin Lukas Simanjuntak, tidak diperkenankan mengikuti proses rekonstruksi peristiwa pembunuhan di rumah mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo.

    "Yang wajib hadir dalam proses reka ulang/rekonstruksi adalah penyidik, jaksa penuntut umum (JPU), para tersangka dan saksi beserta kuasa hukumnya," kata Andi Rian selaku  Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen, seperti dilansir dari CNN Indonesia.

    Lebih lanjut, Martin Simanjuntak meminta penyidik Polri untuk memborgol para tersangka saat melakukan rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J.

    Menurutnya hal itu perlu dilakukan, mengingat Bharada Bharada E telah membongkar kebohongan Sambo terkait kasus pembunuhan Brigadir J.

    Ilustrasi PembunuhanIlustrasi Pembunuhan (UNPLASH)

    Sementara itu, pada saat proses rekonstruksi, Sambo melakukan adegan memeluk Putri di sebuah ruangan di rumah pribadinya.

    Sambo yang mengenakan baju tahanan berwarna oranye tampak duduk di sebuah sofa. Sementara itu, Putri duduk di sebelah Sambo, yang kemudian dipeluk Sambo.

    Mulanya, rekonstruksi menggambarkan adegan di ruangan Sambo di lantai 3 rumah pribadinya. Putri yang juga berada di sana tengah terduduk dengan menyekakan tangannya ke wajah. Dengan tangan yang diborgol, Sambo memeluk Putri.

    Menurut keterangan dari Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian, akan ada total 78 adegan rekonstruksi dari rumah di Magelang sebanyak 16 adegan meliputi peristiwa yang terjadi pada 4,7 dan 8 Juli 2022. 

    Rumah Pribadi di Jalan Saguling sebanyak 35 adegan yang terjadi sejak 8 Juli 2022 hingga pasca kematian Brigadir J. Dan 27 adegan lainnya diambil di rumah dinas Sambo di Kompleks Polri, Duren Tiga terkait pembunuhan Brigadir J.

    Editor Team

    COMMENT