Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Feb 02 2022

    Sandiaga Uno Siap Tindak Tegas Pelaku Penipuan Tes PCR kepada Turis

    Semoga gak terjadi lagi ya :(

    Kemenparekraf Sandiaga Uno. (Dok. ANTARA)

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, siap menindak tegas oknum yang melakukan penipuan tes PCR kepada turis.

    “Saya tidak akan segan untuk menindak tegas oknum-oknum yang mencoba mengambil keuntungan dan mencoreng nama baik Indonesia,” tutur Sandiaga Uno lewat unggahan akun Instagram miliknya, @Sandiagauno, pada Minggu (30/01).


    Sandiaga UnoPesan seorang turis asal Ukraina kepada Sandiaga Uno terkait hotel yang tidak memperbolehkannya mengambil ulang tes PCR (INSTAGRAM/Sandiagauno)

     

    Sebelumnya, ia mendapat laporan dari wisatawan asal Ukraina yang berencana untuk berlibur di Bali. 

    Namun, pada hari terakhir karantina di Jakarta, hasil tes PCR ia dan anak perempuannya yang berusia 6 tahun adalah positif. Mereka pun tidak diperbolehkan keluar dari hotel dan diwajibkan memperpanjang masa karantina. 

    Dikarenakan tidak merasakan gejala apapun, wisatawan tersebut tidak memercayai hasil PCR sebelumnya. Ia pun meminta kesempatan untuk melakukan tes PCR ulang. Namun, permintaan tersebut ditolak.

    “Hotel (tempat mereka menginap) tidak mengizinkan kami untuk mengambil tes PCR sekali lagi dari luar hotel sehingga dapat memastikan kebenaran hasil tes PCR sebelumnya,” tulis wisatawan tersebut kepada Sandiaga Uno. 

    “Kami tidak memiliki gejala apapun dan penambahan biaya karantina sangat mahal dan saya mendapat firasat bahwa saya ditipu,” tambah wisatawan tersebut. 

    Menindaklanjuti aduan tersebut, tim Kemenparekraf pun bertindak dengan melakukan tes PCR ulang kepada wisatawan tersebut. Hasil akhirnya adalah negatif.


    Sandiaga UnoSetelah berkoordinasi dengan Kemenparekraf, hasil tes ulang wisatawan tersebut adalah negatif (INSTAGRAM/Sandiaga Uno)

     

    Sandiaga Uno pun menegaskan agar para pelaku sektor pariwisata tidak memanfaatkan Covid-19 untuk keuntungan pribadi. 

    “Jangan sampai ada wisatawan yang membawa kesan negatif karena ini tentunya akan mencoreng pariwisata dan nama baik Indonesia,” tulis Sandiaga Uno di caption unggahan tersebut. 

    Editor Team

    COMMENT