Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Jan 26 2023

    Sebanyak 75 Lansia di Brebes Wisuda, Paling Tua Umur 99 Tahun

    Kawula Muda, jangan mau kalah semangat, ya!

    Sekolah lansia di Brebes menggelar wisuda untuk 75 lansia (BKKBN)


    Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah mewisuda 75 lansia, yang terdiri dari 4 wisudawan dan 71 wisudawati.

    Mereka adalah siswa-siswi dari sekolah lansia Matahari, yang terletak di Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. 

    Diketahui, terdapat sebuah sekolah khusus lansia bernama sekolah lansia “Matahari” yang mulai dibuka sejak bulan Mei 2022 hingga November 2022 dengan 10 kali pertemuan dan diikuti 80 orang lansia.

    Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah Widwiono mengatakan, melalui prosesi wisuda itu diharapkan para peserta dapat memberikan contoh, teladan, motivasi dan kebahagiaan bagi anak dan cucu.

    "Waktu kurang lebih sepuluh bulan belajar dapat memberikan perubahan bagi bapak ibu dan lingkungan bapak ibu sekalian. Pertama, bagaimana lansia supaya tetap sehat, supaya tetap produktif, supaya tetap panjang umur. Kedua, saya yakin ada yang punya anak atau cucu di rumah. Yang punya anak dididik beretika dan berperilaku. Yang punya cucu supaya sehat dan tidak sakit-sakitan. Jika stunting mudah sakit bapak ibu," kata Widwiono melalui siaran tertulis, seperti yang dikutip IDN Senin (23/01/2023).

    Meski peserta didik dari kalangan lansia, fasilitator yang memberikan materi merupakan para ahli. Mereka adalah penyuluh KB, praktisi psikolog, tenaga medis, dan pengajar lainnya, Kawula Muda.

    Sekolah yang digagas oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes ini ternyata memiliki banyak peminat. Namun sayang, karena keterbatasan tempat, sekolah lansia “Matahari” hanya menerima 80 orang siswa. 

    Menariknya, seluruh siswa yang masuk sekolah ini adalah lansia yang berumur 55 tahun ke atas. Faktanya, terdapat satu siswa yang masuk kategori paling tua, yakni Sodah yang berumur 99 tahun.

    Tidak ketinggalan, dua anak Sodah juga ikut menjadi siswa sekolah ini, loh. Mereka adalah Surtiyah (70) dan Donah (65).

    Dengan kabar menggembirakan ini, BKKBN berkomitmen penuh terhadap terwujudnya lansia tangguh. Keren banget ya para lansia ini, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT