Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 21 2021

    Sebut Batik Berasal dari Malaysia, Akun Instagram Miss World Malaysia 2021 Diserbu Netizen 4 Hari

    Kawula Muda, udah liat unggahan terbaru Sivaji belum?

    Lavanya Sivaji, Miss World Malaysia 2021. (INSTAGRAM/LAVANYASIVAJI)

    Kawula Muda, baru-baru ini, sebuah unggahan Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji, tuai kecaman dari netizen Indonesia. Pasalnya, Sivaji mengunggah dirinya mengenakan sebuah gaun panjang bermotif batik—yang ia ketahui berasal dari Malaysia.

    "Kain batik melambangkan keragaman di antara orang Malaysia, dengan berbagai warna, cetakan & desainnya. Oleh karena itu, saya mempersembahkan kepada Anda gaun malam saya untuk Miss World Malaysia 2021 yang terbuat dari kain batik Malaysia," tulis Sivaji pada unggahannya di Instagram @lavanyasivaji Minggu (17/10/2021).

    Kolom komentar Sivaji pun diramaikan oleh netizen Indonesia yang mencoba menjelaskan asal mula batik.

    Melansir CNNIndonesia, salah satu akun berkomentar, "Seorang Miss itu harus pintar agar bisa merepresentasikan negaranya dengan baik, maka dia harus tau sejarah dan budaya negaranya, bukan milik negara lain. Belajar lagi yok biar pintar."

    Alhasil, Sivaji akhirnya mengganti caption-nya setelah mendapat banyak sekali teguran dalam komentarnya.

    Lavanya Sivaji mengenakan gaun bermotif batikLavanya Sivaji mengenakan gaun bermotif batik. (INSTAGRAM/LAVANYASIVAJI)

     

    "Saya sangat bersyukur telah diajarkan untuk menghargai keragaman budaya dan saya ingin berterima kasih kepada desainer saya untuk gaun indah ini untuk malam terakhir saya. Saya bangga mewakili negara saya dan saya siap untuk perjalanan yang benar-benar baru," tuturnya.

    Rupanya, keterangan baru pun tak mampu memberhentikan kecaman yang diterimanya dari warganet. Sivaji pun akhirnya kembali mengunggah foto close-up mengenakan batik dengan caption tertuju untuk masyarakat Indonesia.

    Perempuan yang berusia 25 tahun itu akhirnya meminta maaf, karena secara tidak sengaja telah menyinggung beberapa pihak.

    "Saya mengakui kata Batik berasal dari Jawa serta desain dan sejarahnya," tulisnya.

    Namun, wanita yang diketahui merupakan seorang dokter tersebut menjelaskan bahwa tak sedikit negara lain yang mempraktekkan unsur budaya tersebut. Misalnya, Malaysia, Sri Lanka, dan India, tentunya dengan desain dan motif buatan negara masing-masing.

    "Baik itu Malaysia, Indonesia, atau negara lain, saya akan selalu bangga mengenakan Batik. Saya sangat berterima kasih kepada kalian karena telah mengingatkan saya untuk menghormati asal muasal kami, kultural dan tradisi. Setiap saya memakai Batik, saya bisa merasakan kekuatan seorang wanita sejati. Kita punya kekuatan yang hebat. Kita penyembuh. Kita adalah ibu," tutup Sivaji pada Kamis (21/10/2021) dini hari.

    Gimana menurut kamu dengan keterangan Sivaji, Kawula Muda?

    Editor Team

    COMMENT