Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Sep 11 2022

    Selamat Hari Radio Nasional! Cek Sejarah hingga Twibbon Perayaannya di Sini!

    Apa program Prambos favorit lo, Kawula Muda?

    Ilustrasi radio (UNSPLASH/DAVE WEATHERALL)

    Setiap tahunnya, Hari Radio Nasional dirayakan pada 11 September. Tahun ini, Hari Radio Nasional pun kembali dirayakan untuk memperingati pentingnya peran radio sebagai penyebar informasi.

    Dalam lamannya, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menjelaskan bahwa sejarah Hari Radio Nasional berkaitan erat dengan pembentukan Radio Republik Indonesia (RRI).

    RadioIlustrasi radio (UNSPLASH/MEHMET TURGUT KIRKGOZ)

     

    Adapun RRI merupakan radio nasional milik pemerintah Indonesia. Saat 11 September 1945, RRI didirikan setelah radio siaran milik pemerintah Jepang dihentikan. 

    Pada saat itu, delegasi radio berkumpul di bekas gedung Raad Van Indie Pejambon. Tujuan pertemuan tersebut adalah mengimbau pemerintah untuk mendirikan radio yang dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia. 

    Keberadaan radio pun dinilai sangat penting, mengingat radio adalah alat komunikasi antara pemerintah dengan rakyat yang efektif. 

    Walau sempat ditolak, ide radio nasional tersebut akhirnya disetujui pada 11 September 1945, tepatnya di rumah Adang Kadarusman. Hal tersebut mengingat radio merupakan alat komunikasi yang cepat dan tidak mudah terputus sambungannya. 

    Sejak saat itulah, peringatan Hari Radio Nasional diperingati setiap tahunnya pada 11 September. 

    Adapun Kawula Muda juga dapat turut merayakan hari radio nasional dengan mengunggah twibbon Hari Radio Nasional. Tautannya bisa diakses di sini ya, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT