Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 05 2021

    Setelah Buat Desain Istana Negara, Nyoman Nuarta Pamerkan Desain Masjid Agung untuk Ibu Kota Baru

    Unik dan megah, begini tampilan Masjid Agung untuk ibu kota baru rancangan Nyoman Nuarta

    Rancangan desain Masjid Agung untuk ibukota baru. (Instagram/nyoman_nuarta)

    Nyoman Nuarta, seniman dan pematung yang sempat menyita perhatian publik usai mendesain Istana Negara untuk ibu kota baru, kembali memamerkan karyanya. Baru-baru ini, Nyoman Nuarta memperlihatkan rancangan tampilan Masjid Agung yang akan berdiri di ibu kota baru. Rancangan tersebut ia bagikan melalui akun Instagram pribadinya pada Sabtu (03/04) lalu.

    Dalam video unggahannya, terlihat bahwa desain masjid dilengkapi dengan sejumlah menara berbentuk meliuk. Pada bagian tengah, terdapat bangunan utama Masjid Agung.


    Seperti masjid-masjid lain, rancangan Masjid Agung untuk ibu kota baru ini tidak memiliki pilar penopang. Bedanya, masjid rancangan Nyoman Nuarta tidak memiliki kubah pada bagian atas. Bangunannya pun berbentuk melingkar.

    Bagian dalam Masjid Agung tampak megah dengan balutan warna putih yang dominan. Pada malam hari, masjid ini ditampilkan dengan balutan cahaya kekuningan dari lampu yang dipasang di halaman masjid.

    Meski demikian, belum ada konfirmasi terkait kepastian realisasi rancangan tersebut. Pada awal video, Nyoman Nuarta hanya memberikan keterangan bahwa desain bangunan yang diunggahnya adalah gagasan.

    Sebelumnya, Nyoman Nuarta dinyatakan menang sayembara desain untuk ibu kota baru yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR. Sayangnya, desain istana besutan Nyoman Nuarta sempat memperoleh kritik dari kalangan arsitek akibat dianggap tidak merepresentasikan Indonesia di era digital.

    Menanggapi sejumlah kritik terkait desain istana negara, Presiden Jokowi disebut berniat menghadirkan para arsitek untuk memperbanyak rencana desain persiapan bagi istana baru.

    Editor Team

    COMMENT