Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Feb 22 2021

    Siap Menyaingi Clubhouse, Twitter Kembangkan Aplikasi "Spaces"

    Kawula Muda, makin tambah aja nih kompetisi di medsos!

    (screenrant.com)

    Aplikasi berbasis audio Clubhouse saat ini sedang mendulang popularitas. Tak mau kalah, Twitter tengah mengembangkan aplikasi berbasis audio bernama Spaces, yang sudah dirilis Desember 2020.

    Spaces memiliki berbagai fitur yang mirip dengan Clubhouse yang berupa obrolan berbasis audio yang di dalamnya terdapat host, pembicara, dan pendengar.

    Kemiripan antara Spaces dan Clubhouse terlihat dari tampilan fitur yang berada di kedua aplikasi ini. Melihat kemiripan tersebut, selama seminggu terakhir Twitter tengah melakukan sejumlah pengembangan dan penyempurnaan terhadap fitur dari Spaces.

    Pembaruan yang tengah dilakukan adalah meningkatkan fitur pembicara dan pendengar sehingga pengguna dapat melihat berapa jumlah pendengar di dalam ruang obrolan. Spaces juga mengembangkan ruang obrolan dengan memiliki daftar pendengar atau pembiacara dalam empat kolom. 

    Di bawah foto profil setiap pengguna juga akan menampilkan status untuk menambah informasi siapakah host, pembicara, pendengar, atau pendengar yang meminta bergabung. 

    Spaces juga memiliki fitur “manajemen tamu” di mana terdapat empat tab yang dapat dimanfaatkan oleh host maupun pembicara.

    Pertama adalah tab "Pembicara atau speaker" yang berfungsi untuk menunjukkan kapasitas pembicara yang ada di dalam Space, yang dapat mengakomodasi 10 pembicara. Di dalam tab ini juga host maupun speaker dapat melihat informasi nama, handle Twitter, juga dapat mematikan mikrofon dari pembicara.

    Kedua adalah tab “Permintaan atau request” yang berfungsi untuk menunjukan permintaan bergabung dari pendengar yang saja hadir ke dalam ruang obrolan. Dengan menggunakan tab ini, host atau speaker dapat dengan mudah menambahkan pendengar.

    Ketiga adalah tab “Pendengar” dan “All” yang berfungsi untuk menunjukkan tab di opsi “manajemen tamu”.

    Twitter juga akan mengembangkan fitur penanda bagi pengguna Twitter yang sedang menjadi host di ruang obrolan Spaces di Fleets yang merupakan fitur story di mana pengguna dapat mengunggah postingan tweet, foto, maupun video dengan durasi tayang selama 24 jam.

    spaces 4(socialmediatoday.com)

     

    Spaces merupakan private beta yang memiliki fitur lebih bannyak dari Clubhouse seperti host dapat mengundang pengguna melalui DM maupun undangan dari tweet. Spaces juga memiliki emoji, transkrip otomatis, opsi membagikan tweet ke Spaces, hingga opsi block dan report.

    Dengan fitur-fitur yang tengah dikembangkan ini, Spaces memungkinkan tergesernya aplikasi Clubhouse yang tengah populer sekarang.

    Editor Team

    COMMENT