Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 17 2021

    Siap-siap, Drone Polisi Akan Lalu-lalang di Langit Jakarta untuk Cek Kemacetan dan Tindakan Kriminal

    Hai Kawula Muda, makin canggih aja nih kepolisian kita.

    Pesawat tanpa awak, drone. (UNSPLASH)

    Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan menguji coba penggunaan drone atau pesawat tanpa awak untuk memantau situasi lalu lintas di wilayah Jakarta.

    Rencananya, drone ini akan lebih dulu diperkenalkan dan diuji coba berbarengan dengan peluncuran kamera Electronic Traffic Lawa Enforcement (ELTE) Mobile pada Sabtu (20/3/2021).

    “Kami akan menguji coba drone, bukan ELTE tapi dia CCTV yang survielans, yang bisa mengamati lalu lintas,” kata Dirlantas Polda Jaya Kombers Pol Sambodo Yogo, Rabu (17/3/2021).

    Selama patroli, penggunaan drone dilakukan untuk mengetahui fakta penyebab terjadinya kemacetan panjang lalu lintas.

    “Dengan drone ini kita bisa mengamati situasi lalu lintas bila terjadi kemacetan yang cukup panjang.  Misalnya ada unjuk rasa, laka lantas, perbaikan jalan, seberapa panjang kemacetan terjadi, ruas jalan mana saja yang padat nanti bisa terpantau oleh drone itu,” ujar Sambodo lagi.

    jakartaDaerah Khusus Ibukota Jakarta, ibu kota negara dan kota terbesar di Indonesia. (UNSPLASH)

     Selain itu, drone ini bisa juga digunakan untuk melaporkan tindak kriminal yang ada di jalan. Nantinya, drone akan mengirim gambar yang kemudian ditindak lanjuti oleh petugas. Termasuk kalau terjadi tindakan anarkis.


    “Jadi, drone bisa men-capture orang-orang dan bisa nge-zoom orang-orang yang melakukan tindakan-tindakan anarkis, sehingga nanti dari situ kita bisa ketahui identitasnya,” ujar Sambodo.

    Setidaknya, ada dua unit drone yang nanti akan diuji coba memantau lalu lintas dan aksi kriminalitas di jalan Jakarta.

    Editor Team

    COMMENT