Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Jun 30 2021

    Simak Cara Daftar Akun Seleksi CPNS 2021 di Sini

    Kawula Muda, hari ini seleksi CPNS akhirnya dibuka juga

    CPNS saat mengikuti SKD tahun 2020 lalu. (Dok. MERDEKA)

    Badan Kepegawaian Negara (BKN) akhirnya resmi membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Tak hanya itu, BKN juga merekrut calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru dan Non Guru untuk tahun ini.

    Pendaftaran pun sudah bisa dilakukan di laman resmi sscasn.bkn.go.id dengan mempelajari Buku Petunjuk Pendaftaran Seleksi PNS Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Tahun 2021 yang telah diterbitkan oleh BKN.

    Dilansir dari Kompas.com yang mengutip buku panduan tersebut, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mendaftarkan diri sebagai CPNS di laman https://sscasn.bkn.go.id/

    "Langkah 1: Pengecekan Identitas"

    1. Klik menu "Buat Akun", dan tulisan "Langkah 1: Pengecekan Identitas" akan muncul
    2. Masukkan data-data Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (No. KK), Nama Lengkap, Tempat dan Tanggal Lahir
    3. Masukkan nomor handphone dan email pribadi aktif, serta kode Captcha
    4. Klik "Lanjutkan"

    Apabila nantinya muncul Pesan Galat NIK dan No. KK tidak sesuai, kamu tidak perlu hubungi instansi atau BKN, Kawula Muda. Cukup ikuti instruksi pada Pesan Galat, ya!

    "Langkah 2: Lengkapi Data"

    Pada langkah 2, kolom NIK, Nama, Nomor Handphone, dan Tanggal Lahir sesuai KTP sudah terisi secara otomatis. Kamu hanya perlu memastikan apakah data tersebut sudah sesuai dengan data ijazah atau belum. Selanjutnya, cukup ikuti langkah berikut ini:

    1. Isi kolom kabupaten/kota lahir, dengan mengetik beberapa karakter pertama, dan pilihan-pilihan kabupaten/kota akan tersedia
    2. Pilih jenis kelamin yang sesuai
    3. Unggah foto scan KTP dengan klik "Choose File" kemudian "Open"
    4. Unggah swafoto dengan klik "Choose File" kemudian "Open"
    5. Password dan Konfirmasi Password
    6. Pertanyaan Pengaman 1
    7. Jawaban Pengaman 1
    8. Pertanyaan Pengaman 2
    9. Jawaban Pengaman 2
    10. Masukkan Kode Captcha 

    Oh iya, notifikasi "Info: Unggah Scan KTP Berhasil" dan "Info: Unggah Swa Foto Berhasil" akan muncul jika foto scan KTP dan swafoto kamu sudah berhasil diunggah ya, Kawula Muda. Kamu juga masih bisa mengunggah ulang keduanya jika dirasa belum sesuai, lho.

    Soal password, pertanyaan pengaman, dan jawaban pengaman, isilah yang mudah kamu ingat. Jangan lupa juga untuk mencatatnya, karena ketiganya sangat diperlukan untuk login pendaftaran dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

    "Langkah 3: Pengecekan Ulang Data"

    Untuk tahap ini, periksalah kembali Swafoto, NIK, Nama Lengkap, Tempat dan Tanggal Lahir sesuai KTP, Nama Lengkap, Tempat dan Tanggal Lahir sesuai Ijazah, Email, dan Nomor Handphone.

    Hati-hati, ya, dalam memeriksanya, karena peserta tidak bisa memerbaiki kesalahan penulisan di kemudian hari.

    Jika terdapat kesalahan, kamu bisa klik "Kembali", kemudian jika sudah benar bisa klik "Proses Pendaftaran Akun" untuk melanjutkan pendaftaran.

    "Langkah 4: Pendaftaran Selesai"

    1. Jika ingin mencetak Kartu Informasi Akun, pilih menu "Cetak Informasi Pendaftaran"
    2. Cetak Kartu Informasi Akun
    3. Klik "Lanjutkan Login Pendaftaran"

    Voila! Pelamar bisa langsung masuk ke sscasn,bkn,go,id untuk melakukan proses pendaftaran, dan memilih jenis seleksi serta mengisi biodata lebih lanjut.

    Good luck, ya, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT