Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 13 2021

    Simak Fakta Bukit Algoritma yang Disebut Menjadi Silicon Valley Versi Indonesia!

    Semoga pembangunan Bukit Algoritma bisa buat Indonesia semakin maju ya, Kawula Muda!

    Bukit Algoritma (Ekbis Sindonews)

    Silicon Valley akan segera dibangun di Sukabumi, Indonesia dan akan diberi nama Bukit Algoritma.

    Bukit Algoritma akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk Pengembangan Teknologi Industri 4.0.

    Politkus PDI Perjuangan sekaligus Ketuga Pelaksanaan Kiniku Bintang Raya KSO, Budiman Sudjamitko mengatakan bahwa pembangunan Bukit Algoritma merupakan impiannya sejak dahulu.

    “Ini merupakan mimpi jangka panjang. Untuk tahap pertama selama tiga tahun. AMKA menjadi mitra kepercayaan untuk membangun infrastruktur termasuk akses jalan raya, fasilitas air bersih, pembangkit listrik, gedung konvensi, dan fasilitas lain,” ujar Budiman kepada IDN Times.

    Bukit Algoritma sendiri nantinya akan menjadi pusat penelitian dan pengembangan (research and development), dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

    Budiman sendiri yakin bahwa kawasan Bukit Algoritma kelak akan menjadi pusat untuk pengembangan inovasi dan teknologi.

    Pembangunan Bukit Algoritma

    Direktur Utama AMKA, Nikolas Agung mengatakan bahwa pembangunan ini akan melewati beberapa tahap salah satunya adalah tahap awal yang akan memakan waktu sekitar tiga tahun.

    Dana pembangunan Bukit Algoritma diperkirakan akan mencapai angka 1 miliar Euro atau senilai dengan Rp 18 triliun. Namun dana ini sendiri tidak digunakan sepenuhnya untuk pembangunan proyek tersebut tetapi akan dialokasikan untuk meningkatkan kualitas ekonomi 4.0, peningkatan pendidikan, dan penciptaan pusat riset dan pengembangan untuk menampung ide brilian anak bangsa.


    Ilustrasi Bukit Algoritma di SukabumiIlustrasi Bukit Algoritma di Sukabumi (kompas.com)

     

     

    Mengapa Sukabumi?

    Pemilihan lokasi di Sukabumi sendiri karena dinilai sebagai lokasi paling strategis. Business Development Advisor AMKA, Oki Fahreza mengatakan bahwa Sukabumi memiliki infrastruktur yang dapat memadai.

    Infrastruktur yang dimaksud adalah seperti akses Tol Bocimi (Seksi 2 Cibadak), Pelabuhan Laut Pengumpan Regional (PLPR) Wisata dan Perdagangan Pelabuhan Ratu, Bandara Sukabumi Cikembar yang dalam proses pembangunan, dan Kereta Api Sukabumi.

    Apa itu Silicon Valley?

    Silicon Valley merupakan pusat inovasi yang terletak di Amerika Serikat. Pada kawasan Silicon Valley sendiri banyak berdirinya perusahaan teknologi seperti Apple, Facebook, Google, Netflix, Cisco, Oracle, Adobe, Intel, Salesforce.com, Hewlett-Packard, Intuit, dan Zynga.

    Silicon Valley juga merupakan tempat lahirnya perusahaan raksasa seperti Tesla, Twitter, Yahoo, dan eBay.


    Perusahaan di Silicon ValleyPerusahaan di Silicon Valley (Tech in Asia)

     

     

    Editor Team

    COMMENT