Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 24 2022

    Siswi SMK Curi Uang Sesajen Demi Bayar SPP, Polisi akan Selesaikan secara Musyawarah

    Saat ini kasus tersebut sedang diupayakan selesai secara musyawarah kekeluargaan

    Ilustrasi sesajen (Kumparan/Helmi Affandi Abdullah)


    Seorang siswi SMK di Bali berinisial N (16) tertangkap karena mencuri uang sesajen senilai kurang lebih Rp 200 ribu di kotak Pura Dalem, Banjar Pujung, Desa Sebatu, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

    Pencurian tersebut terjadi pada hari Senin (20/6/2022), aksi pelaku tertangkap kamera CCTV. Dalam rekamannya pelaku tertangkap masuk ke area Pura dengan masih mengenakan seragam sekolah.

    Dilansir dari CNN Indonesia pada Jumat (24/6/2022), menurut Kapolsek Tegallalang AKP I Ketut Sudita, saat tertangkap siswi tersebut mengaku mencuri karena terpaksa, ia mencuri lantaran harus membayar uang Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) sekolahnya.

    "Tapi itu baru pengakuan dari dia," ujar I Ketut Sudita.

    I Ketut Sudita juga menjelaskan kondisi siswi tersebut yang memang sudah tidak lagi hidup dengan kedua orang tuanya. Ia juga menambahkan bahwa kini pelaku hanya tinggal bersama kakeknya.

    "Anak ini, sejak umur empat tahun (ditinggal nikah sama orang tuanya) sudah nikah lagi. Orang tuanya pergi dari rumahnya sehingga dia di rumah sama kakeknya," tambahnya.

    ilustrasi siswi perempuanshutterstock.com

    Kasus tersebut sedang diupayakan selesai secara kekeluargaan atau musyawarah, hal ini dilakukan dengan pertimbangan yang dirasa akan memberatkan pelaku yang masih di bawah umur, melakukan pencurian karena terpaksa.

    "Karena ini masih anak sekolah dan di bawah umur dan nilai (uang) yang diambil segitu. Kami sekarang sedang upayakan untuk koordinasi dengan pihak penyuluh agar masalah ini bisa diselesaikan secara musyawarah dan damai," kata Kapolsek Tegalalang AKP I Ketut Sudita.

    Sebelumnya pelaku mengakui perbuatannya saat ditangkap, ia juga mengaku memecahkan kaca kotak sesaji tersebut.

    "Yang bersangkutan mengakui perbuatannya mengambil uang sesari yang ada di kotak kaca Pura Dalem dengan cara memecahkan kaca kotak sesari," katanya.

    Editor Team

    COMMENT