Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 12 2021

    SpaceX Akan Luncurkan Billboard Iklan Pertama ke Luar Angkasa

    Kira-kira, siapa saja yang bakal lihat iklannya, yah?

    Penampakan roket Falcon 9 milik SpaceX (INSTAGRAM/SPACEX)

    Baru-baru ini, Elon Musk melalui perusahaan SpaceX-nya akan bekerja sama dengan Geometric Energy Corporation (GEC) untuk merealisasikan pemasangan iklan di luar angkasa. Peluncuran ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada 2022.

    Konsep iklan di luar angkasa ini diambil ketika kedua perusahaan ini sepakat untuk meluncurkan sebuah DOGE-1 CubeSat, sebuah satelit kecil berbentuk kubus berbasis Dogecoin, ke bulan.

    Nantinya, CubeSat yang menampilkan iklan ini akan dibawa oleh roket SpaceX Falcon 9. Untuk CubeSat-nya sendiri, akan dibuat oleh GEC mengingat mereka sudah mampu membuat CubeSat yang bisa menampung papan reklame berukuran kecil.

    cubesatContoh dimensi CubeSat (ASC-CSA.GC.CA)

     

    Untuk pelanggan yang ingin memasang iklan di luar angkasa ini harus membeli menggunakan cryptocurrency. Nantinya, pelanggan membeli token yang dikonversikan menjadi durasi mengontrol piksel yang ditayangkan pada CubeSat tersebut.

    Piksel-piksel ini nantinya yang akan menampilkan iklan dari pihak pelanggan tersebut. Iklan tersebut tentunya bukan hanya dilihat dari luar angkasa, tetapi diproyeksikan secara live-stream ke Bumi.

    Mengutip Hypebeast, iklan seperti ini berkemungkinan laku di kalangan perusahaan. Hal ini disebabkan beberapa papan reklame untuk menayangkan iklan di kota-kota besar bisa dibilang cukup mahal hingga 923.000 dolar AS per bulannya.

    Hingga saat ini, SpaceX hanya menerima muatan-muatan kecil yang bisa ditampung di dalam roketnya. Hal ini disebabkan masih ada beberapa masalah yang berkaitan dengan peluncuran kembali roket tersebut.

    Editor Team

    COMMENT