Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Sep 29 2022

    Tak Ada Lagi Tilang Manual, Operasi Zebra Akan Digelar 3-16 Oktober 2022

    Hai Kawula Muda, taati peraturan lalu lintas ya.

    Petugas kepolisian sedang menindak pelanggar lalu lintas, motor melawan arus. (TMC POLDA METRO JAYA)


    Mulai 3 Oktober sampai dengan 16 Oktober 2022 Korlantas Polri akan menggelar Operasi Zebra di seluruh wilayah Indonesia dengan mengusung tema "Tertib Berlalu Lintas Guna Mewujudkan Kamseltibcarlantas yang Presisi".

    Ada yang istimewa dalam pelaksanaan Operasi Zebra tahun ini. Kasubbag Ren Ops Bagops Korlantas Polri AKBP Agung Nugroho mengatakan, mekanisme penindakan pada Operasi Zebra 2022 dilakukan tidak dengan tilang manual alias hanya menggunakan tilang elektronik.

    Agung juga menambahkan bahwa penindakan bakal tetap ada, tetapi mengandalkan ETLE yang telah terpasang di sejumlah wilayah di Indonesia.

    “Operasi Zebra tahun ini dilarang melaksanakan penilangan secara manual, seluruh penilangan dilaksanakan dengan sistem ETLE statis maupun mobile dan dengan teguran simpatik,” ucap Agung, disitat dari laman Korlantas Polri (28/9/2022).

    Sebagai informasi, saat ini sudah ada 270 kamera ETLE statis, 806 kamera ETLE mobile dan 58 speed cam di seluruh Indonesia.

    OPERASI ZEBRAOperasi Zebra akan digelar 3-16 Oktober 2022. (INSTAGRAM/TMCPOLDAMETRO)

      

    Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, dengan adanya pengembangan teknologi informasi ini diharapkan kepolisian bisa semakin baik.

    Dan untuk memastikan Operasi Zebra berjalan dengan lancar, Agung juga berpesan kepada petugas dilapangan yang akan bertugas agar sesuai dengan arahan Kakorlantas Polri. Bekerja dengan mengedepankan penindakan yang bersifat simpatik dan humanis kepada para pengguna jalan.

    "Masyarakat khususnya pengguna jalan diharapkan agar patuh terhadap aturan lalu lintas dan rambu-rambu yang berlaku, mengingat ETLE telah berlaku di seluruh Indonesia," pungkasnya.

    Mari Kawula Muda, kita ikut menyukseskan Operasi Zebra kali ini dengan berperilaku tertib di jalan raya. Jika ingin mengecek apakah kendaraan kita terkena tilang elektronik atau tidak, Kawula Muda bisa klik link berikut ini: https://etle-pmj.info/id/check-data.

    Editor Team

    COMMENT