Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 25 2021

    Tak Mau Ketinggalan, Facebook Kembangkan Fitur Mirip Clubhouse

    Kawula Muda, kalau Facebook bikin fitur mirip Clubhouse, kalian akan pilih mana?

    Ilustrasi aplikasi Facebook di telepon genggam. (Unsplash)

    Sejak Februari 2021, New York Times melaporkan bahwa Facebook sedang mengembangkan fitur yang mirip dengan Clubhouse. Baru-baru ini, tangkapan layar fitur audio Facebook yang masih berada dalam tahap pengembangan pun beredar.

    Tangkapan layar tersebut dibagikan oleh seorang mobile developer and reverse engineer bernama Alessandro Paluzzi melalui akun Twitternya. Adapun tangkapan layar tersebut menampilkan fitur live audio broadcast yang menjadi perpanjangan fitur Messenger Rooms milik Facebook.

    Facebook mengonfirmasi bahwa tangkapan layar yang beredar memang contoh hasil eksplorasi fitur audio yang sedang mereka kembangkan. Namun, gambar tersebut belum merepresentasikan fitur aslinya.

    Facebook juga menyebutkan bahwa detail fitur yang beredar melalui gambar-gambar tersebut bisa saja tidak akurat.

    Pada Clubhouse versi Facebook, pengguna perlu menggunakan fitur Rooms Audio pada aplikasi Messanger Facebook. Selanjutnya, pengguna dapat memilih membuat room audio yang tersedia untuk umum maupun pribadi.

    Private audio room merupakan ruang bagi pengguna yang hanya ingin melakukan obrolan suara dengan orang-orang terdekatnya. Sementara itu, Live Audio dapat menjadi ruang bagi pengguna yang ingin berbagi atau menyiarkan tema-tema tertentu kepada pendengar yang lebih luas.

    Setelah membuat room, pengguna akan diberi tautan menuju room. Tautan ini nantinya dapat dibagikan di Facebook, maupun media sosial lainnya untuk memperoleh pendengar.

    Room Live Audio pada Facebook kabarnya akan menampilkan foto profil pembicara di bagian atas dan foto profil pendengar di bagian bawah dalam bentuk lingkaran kecil sehingga tampak sangat mirip dengan Clubhouse.

     Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, memuji Clubhouse untuk fitur live audio broadcast yang telah dirilisnya. Ia juga mengaku senang dengan adanya pengembangan fitur serupa di Facebook. Namun, hingga kini belum ada konfirmasi terkait tanggal peluncuran resmi fitur Facebook mirip Clubhouse tersebut.

    Editor Team

    COMMENT