Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 22 2020

    Tak Mau Tertular Covid-19? Hindari Tempat-tempat Ini!

    Hai Kawula Muda, masih pingin gaul sambil ngopi-ngopi cantik? Take away atau pesan antar dulu saja ya!

    Ilustrasi orang memakai masker di keramaian. (FREEPIK)

    Berdasarkan data dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Indonesia kembali mengalami rekor dalam penambahan pasien Covid-19 pada Senin (21/9/2020), dengan 4.176 kasus baru yang telah terkonfirmasi.

    Berdasarkan data terbaru yang masuk pada Selasa (22/9/2020) pukul 12.00 WIB, telah terdapat 4.071 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

    Dengan penambahan tersebut, maka total kasus Covid-19 di Indonesia kini mencapai 252.923 orang, terhitung sejak diumumkan pasien pertama pada 2 Maret 2020, dengan rincian penambahan 3.501 atau total 184.298 pasien dinyatakan sembuh, dan penambahan 160 atau total 9.837 kasus kematian.

    Dengan kondisi yang masih belum menunjukkan grafik penurunan ini, tentu semua pihak diharapkan lebih dapat bekerja sama agar kasus Covid-19 di Indonesia bisa segera mereda.

    Salah satu caranya adalah dengan menghindari tempat dengan kondisi yang rentan akan penularan.

    Tiga kondisi tempat rentan penularan

    1. Tempat ramai dan penuh orang

    Kondisi yang ramai dan penuh orang mau tak mau akan membuat posisi orang-orang di tempat itu menjadi berdekatan, sehingga tidak bisa dilakukan jaga jarak.

    PENULARAN COVID-19Ilustrasi berada di ruang publik yang ramai orang. (FREEPIK)

     

    2. Tempat sempit

    Kondisi tempat yang sempit ditambah ramai orang tengah saling berbincang dalam jarak dekat, kian menambah risiko penularan.

    Kondisi 1 dan 2 bisa dijumpai pada kendaraan umum, tempat makan, mal, dan sebagainya. Jika tak ingin tertular dan masih memiliki pilihan, maka sebisa mungkin tak perlu ke tempat-tempat tersebut.

    3. Tempat tertutup

    Hindari bersama orang lain di kondisi ruangan yang tertutup dengan ventilasi dan sirkulasi udara yang buruk, termasuk ruangan ber-AC. Ruangan outdoor atau memiliki ventilasi baik, bisa dijadikan pilihan jika terpaksa harus bertemu dengan orang lain.

    Jika harus ke luar rumah

    COVID-19Tetap patuhi protokol kesehatan dalam menjalani aktivitas. (FREEPIK)

     

    Jika harus keluar rumah untuk urusan mendesak, pastikan hindari ketiga kondisi tadi (tempat ramai, sempit, dan tertutup atau ventilasi kurang baik). Karena kombinasi dari ketiga tempat tadi akan membuat risiko penularan kian meningkat.

    Jangan lupa, taati selalu 3 M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Kemudian saat batuk atau bersin, tutup dengan lengan bagian dalam.

    Ayo, lebih peduli dengan pandemi ini, dan dimulai dari diri sendiri untuk selalu taat protokol kesehatan!

    Editor Team

    COMMENT