Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    May 18 2021

    Temukan Celah pada Sistem Pemesanan, Mahasiswa di China Makan KFC Gratis Selama Enam Bulan!

    Waduh, jangan ditiru ya, Kawula Muda! Bahaya juga sampe divonis penjara...

    Ilustrasi restoran cepat saji KFC. (UNSPLAS/Maxime Lebrun)

    Pemuda di China berhasil menemukan celah pada sistem pemesanan jaringan restoran cepat saji KFC. Ia memperdaya celah ini dan memperoleh makanan gratis selama enam bulan. Dilansir dari Vice.com, aksi ini berawal pada 2018 ketika mahasiswa bernama Xu menemukan cacat pada sistem keamanan secara tidak sengaja.

    Xu menemukan bahwa ia bisa membayar makanan menggunakan kupon di salah satu aplikasi KFC, lalu melakukan refund kupon tersebut melalui akun WeChat KFC. Melalui cara ini, Xu berhasil mendapatkan makanan gratis sekaligus memperoleh keuntungan dengan menjual kembali kupon online yang ia miliki.

    Tak hanya meraup keuntungan seorang diri, Xu juga diketahui membagikan temuannya terkait celah pada sistem pemesanan KFC pada empat rekannya. Aksi tersebut dilakukan Xu dan rekan-rekannya pada April hingga Oktober tahun lalu.

    Akibat hal ini, pengadilan menilai Xu telah melakukan penipuan senilai US$31.000 atau setara dengan kurang lebih Rp442 juta kepada pihak KFC. Xu pun dijatuhi hukuman dua setengah tahun penjara  dan denda 6.000 yuan atau setara dengan Rp13,3 juta.

    Sementara itu, rekan-rekan Xu terancam hukuman penjara selama 15 bulan hingga dua tahun, serta denda sebesar 1.000 yuan hingga 4.000 yuan.

    Di sisi lain, sejumlah pihak menilai bahwa vonis pengadilan terhadap Xu dan rekan-rekannya terlalu berat. Pasalnya, kesalahan berada pada sistem pemesanan KFC sehingga memungkinkan pelanggan memperoleh keuntungan dari celah tersebut.

    Editor Team

    COMMENT