Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 20 2020

    Toilet Umum Transparan di Tokyo, Berani Coba?

    Hai Kawula Muda, ada toilet umum transparan di beberapa taman umum di Shibuya, Tokyo. Berani coba?

    Toilet umum transparan di Tokyo, Jepang. (SHIGERU BAN ARCHITECTS)

    Beberapa hari belakangan tengah ramai pemberitaan tentang toilet transparan yang diletakkan di beberapa taman umum di Shibuya, Tokyo.

    Desain nyeleneh ini adalah bagian dari proyek inovatif yang bertujuan untuk mengubah persepsi masyarakat tentang toilet umum.

    “Penggunaan toilet umum di Jepang kurang diminati karena stereotip tempat itu gelap, kotor, bau, dan menakutkan. Untuk menghilangkan kesalahpahaman tentang toilet umum ini, The Nippon Foundation telah memutuskan mereovasi 17 toilet umum yang terletak di Shibuya, Tokyo, bekerja sama dengan pemerintah Kota Shibuya,” ujar Nippon Foundation dalam rilis persnya.

    South China Morning Post News pada Selasa (18/8/2020), menulis di akun Twitter mereka @SCMPNews tentang, “Beranikah menggunakan toilet umum transparan di Japan ini?”.

    Toilet umum ini dibuat oleh 16 perancang termuka, dan akan menggunakan desain canggih untuk membuatnya dapat diakses oleh semua orang tanpa memandang jenis kelamin, usia, atau disabilitas.

    Melansir CNN Travel, Selasa (18/8/2020), Shigeru Ban Architect adalah firma arsiektur yang bertanggaung jawab mendesain toilet ini.

    Perusahaan pemenang penghargaan Pritzker Prize ini telah memasang dua set toilet di dua taman, Yoyogi Fukamachi Mini Park dan Haru-no-Ogawa Community Park.

    Jangan lupa mengunci pintu ya!

    “Ada dua hal yang kita takutkan ketika memasuki toilet umum, terutama yang terletak di taman. Pertama adalah tentang kebersihannya, dan yang kedua tentang ketidaktahuan apakah ada orang di dalam,” sebut pernyataan resmi Shigeru Ban Architecs di laman Tokyotoilet,jp.

    Melalui desain yang inovatif, mereka mencoba mengatasi kekhawatiran tentang penggunaan toilet umum dengan memasang dinding kaca, yang akan memungkinkan orang melihat ke dalam toilet dari luar.

    Namun, ketika pengguna toilet masuk dan mengunci pintu, dinding akan berubah warna menjadi buram, yang menghalangi pandangan dari luar.

    Pada malam hari, nyala lampu dari dalam toilet juga menerangi taman seperti sebuah lentera yang cantik.

    Sesaat diumumkan, di Haru-no-Ogawa Community Park terjadi adanya antrian pengunjung yang datang untuk mengambil gambar toilet transparan itu.

    Akun Twitter @jamesb1655 menulis tentang, “Toilet umum di Tokyo, transisi antara transparan dan  tembus cahaya, tergantung apakah terisi atau kosong”.

    Sehari sebelumnya, akun @kiruti menuliskan tentang, “Toilet umum di Tokyo benar-benar brilian. Tembok kaca luar akan jadi buram saat pintu dikunci”.

    Bagian yang mendebarkan adalah, begitu pengguna masuk, orang tersebut tidak tahu apakah kacanya menjadi buram atau tidak.

    Dinding di antara bilik toilet juga dipasangi cermin, sehingga menambah perasaan aneh seolah sedang ditonton.

    Penting untuk diingat, toilet baru akan menjadi buram setelah pengguna mengunci pintu yang terletak tepat di bawah pegangan pintu.

    Editor Team

    COMMENT