Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 02 2021

    Akan Berulang Tahun Ke-50, Yuk Simak Asal Mula Logo Prambors!

    Kawula Muda, selama ini lo udah tau belum asal-usul logo Prambors?

    pramborsfm.com

    Maret ini Prambors akan merayakan ulang tahun yang ke-50. Setelah setengah abad mengudara di Indonesia, tentu saja ada hal-hal ikonis mengenai Prambors, salah satunya logo perempuan dengan rambut  megar!

    Pada awalnya logo Prambors hanyalah tulisan “Prambors” tanpa gambar atau embel-embel apa pun. 

    Namun hal ini tidak berlangsung lama. Ketika menjadi sebuah badan usaha, Prambors harus memiliki logo resmi. Logo Prambors berbentuk wanita dengan rambut megar yang kita ketahui saat ini tidak serta merta menjadi satu-satunya logo, karena mengalami beberapa kali perubahan versi.

    Awalnya, logo perempuan berambut megar tersebut terinspirasi dari sampul album kelompok musik asal Belanda bernama The Ekseption.

    Tidak mengambil logonya secara persis, salah satu penyiar Prambors saat itu, Wimi, menggambar ulang dengan modifikasi wajah si perempuan menghadap ke bawah.  Logo perempuan berambut megar ini pun dikenal dengan nama “Si Jabrik”.

    Saat pertama kali muncul, logo “Si Jabrik” menjadi favorit dan dapat dikenal secara luas sebagai ikon Prambors.

    Setelah berjalan beberapa lama, dari 1969 hingga era 1980an, ukuran logo “Si Jabrik” mengecil dan hanya terlihat pada huruf O di nama “Prambors”. Bahkan sempat pada satu waktu gambar perempuan dengan rambut megar ini tidak lagi dipakai. 

    Logo Prambors berganti lagi menjadi biru oval berbingkai hitam. Yang saat itu ramai digunakan pada stiker-stiker Prambors justru saluran siarannya, yakni “102,3 FMania”

    Mulai 2001, “Si Jabrik” kembali lagi menjadi logo ikonis Prambors dan tidak berganti hingga hari ini.


    Logo Pramborspramborsfm.com

     

    Editor Team

    COMMENT