Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Oct 20 2022

    Universitas Muhammadiyah Surakarta akan Buka Cabang di Korea Selatan

    Keren banget ga sih?

    ilustrasi Gedung Universitas Muhammadiyah Surakarta (Instagram/umsofficial


    Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dikabarkan akan membuka cabang di negeri ginseng, Korea Selatan. Niatan pembukaan cabang ini akan dilakukan oleh UMS kerja sama dengan Tongmyong University.

    Kabar akan niatan dari UMS untuk membuka cabang di Korea Selatan ini baru beredar beberapa hari yang lalu tepatnya pada hari Minggu, 16 Oktober 2022. Kabar ini disampaikan langsung oleh Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., di Edutorium K.H. Ahmad Dahlan UMS dalam rangka acara jalan sehat.

    Dikutip dari laman Instagram resmi kampus pada Selasa lalu, 18 Oktober 2022, Prof. Sofyan mengatakan, “Pada tanggal 24 Oktober 2022 akan menandatangani MoU dengan Tongmyong University tentang rencana membuka cabang di Korea Selatan."


    Dilansir dari laman resmi kampus, ums.ac.id, Prof. Sofyan juga mengatakan bahwa pada puncak hari jadi nanti UMS akan meresmikan niatan mereka untuk membuka cabang di Korea Selatan. Peresmian ini akan ditandai dengan tanda tangan rektor kedua belah pihak kampus. 

    Selain menandatangani peresmian kerja sama antara kedua kampus tersebut, Jeung Hong Sub, rektor dari Tongmyong University juga akan menyampaikan orasi ilmiahnya pada hari jadi UMS yang ke-64 nanti. Prof. Sofyan mengatakan bahwa momen ini merupakan momen bersejarah bagi UMS. 

    Kerja sama yang akan dijalin antara UMS dengan Tongmyong University ini bukanlah kali pertama bagi keduanya. Sebelumnya, UMS dan Tongmyong University telah menjalin kerja sama dengan membuka program double degree, student exchange, dan lecturer exchange. Pada akhir Agustus lalu, UMS tidak hanya berhasil memperpanjang kontrak, tetapi juga mendapatkan penawaran khusus berupa tawaran lahan dari Tongmyong University untuk membuka universitas di Busan. Tawaran inilah yang menjadi awal dari niatan UMS untuk membuka cabang di Korea Selatan. 

    Gedung UMSGedung Induk Siti Walidah UMS (ums.ac.id)

     

    “Alhamdulillah, kerja sama kami lebih meluas, bukan saja perpanjangan kontrak kerja sama antar Perguruan Tinggi. Bahkan, oleh Rektor Tongmyong University, kami secara khusus ditawari membuka universitas di Busan,” ujar Prof. Sofyan. 

    Tongmyong University sendiri merupakan sebuah Universitas yang terletak di Busan, Korea Selatan. Universitas ini didirikan pada tahun 1977 lalu oleh Tongmyong Lumber, salah satu pemimpin industrialisasi Republik Korea pada era 1960-an dan 1970-an. Kampus ini bertujuan untuk mencapai standar tinggi kerja sama industri-universitas untuk diterapkan di perusahaan lokal, nasional, dan internasional.

    Editor Team

    COMMENT