Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 18 2021

    Vaksinasi Gotong Royong Telah Dimulai, Ini Cara Daftarnya

    Hai Kawula Muda, hari ini vaksinasi Gotong Royong resmi dimulai.

    Presiden Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong, Selasa (18/5/2021). (DOK. SEKRETARIAT PRESIDEN)

    Berlokasi di Kawasan Industri Jababeka, Bekasi, program vaksinasi Gotong Royong resmi dimulai. 

    Presiden Jokowi menyatakan, 19 perusahaan yang bergerak di sektor manufaktur sudah mulai melaksanakan program vaksinasi Covid-19 Gotong Royong pada hari ini, Selasa (18/5/2021). 

    “Hari ini saya mengunjungi PT Unilever Indonesia Tbk yang bersama-sama dengan 18 perusahaan telah memulai vaksinasi gotong royong,” ujar Jokowi dalam peninjauan vaksinasi Covid-19 Gotong Royong untuk Pekerja, Selasa (18/5/2021).

    Selain Unilever Indonesia, beberapa perusahaan lain yang menyelenggarakan vaksinasi Gotong Royong adalah Asia Pulp and Paper (APP Sinar Mas) dan PT Chandra Asri Petrochemical.

    Dalam program ini, perusahaan memberikan vaksin secara gratis kepada seluruh karyawannya. Hal ini merupakan bentuk kerja sama sektor swasta dengan pemerintah.

    “Kami harapkan vaksinasi Gotong Royong ini bisa mempercepat proses vaksinasi yang dilakukan,” terang Jokowi.

    Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengatakan pasokan untuk vaksinasi Gotong Royong baru tersedia 420.000 dosis. Padahal, komitmen yang sudah dikantongi pemerintah mencapai 30 juta dosis.

    “Membeli vaksin bukan barang mudah karena menjadi rebutan dari 215 negara yang ada di dunia ini, semuanya ingin dapat vaksin dan Alhamdulillah untuk vaksin gotong royong pada tahap pertama kami telah mendapatkan 420.000 vaksin,” jelas Jokowi.

    Biaya per dosis

    SINOPHARMVaksin Covid-19 Sinopharm. (ANADOLU AGENCY)

     

    Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), vaksinasi Gotong Royong diperuntukkan bagi karyawan swasta atau keluarganya atau individu lain yang dibiayai oleh perusahaan atau badan usaha, sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk vaksinasi ini.

    Selain pendanaan yang menjadi tanggung jawab perusahaan, pelaksanaan vaksinasi juga dilakukan di fasilitas kesehatan non-pemerintah, agar tidak mengganggu jalannya program vaksinasi dari pemerintah. Jenis vaksin yang digunakan adalah Sinopharm dan CanSino.

    Untuk biaya, Menteri Kesehatan Budi Guadi Sadikin menetapkan harga pembelian vaksin merek Sinopharm melalui PT Bio Farma (Persero) yang akan digunakan untuk vaksin Gotong Royong senilai Rp 321.660 per dosis dan tarif maksimal layanannya sebesar Rp 177.910 per dosis.

    Penetapan tersebut tertuang di Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/4643/2021 tentang Penetapan Besaran Harga Pembelian Vaksin Produksi Sinopharm Melalui Penunjukan PT Bio Farma (Persero) dalam Pelaksanaan Pengadaan Vaksin Covid-19 dan Tarif Maksimal Pelayanan untuk Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong. Penetapan berlaku mulai 11 Mei 2021.

    Cara pendaftaran

    VAKSIN COVID-19 KEDUAPresiden Jokowi meninjau vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Pasar Tanah Abang, Jakarta. (INSTAGRAM/SEKRETARIAT NEGARA)

     

    Disebutkan dalam situs resmi Kamar Dagang dan Industri (KADIN) https://vaksin.kadin.id/, untuk mengikuti program vaksinasi mandiri, perusahaan bisa mendaftar pada dan lewat KADIN.

    Perusahaan yang ingin ikut berpartisipasi membiayai pembelian vaksin untuk diberikan kepada karyawan dan keluarga karyawan dapat mengisi formulir pendataan program vaksinasi Gotong Royong ini selambatnya 21 Mei 2021.

    Selain itu, untuk melakukan pendaftaran program vaksin Gotong Royong bisa melalui https://vaksin.kadin.od/#!/kuesioner untuk pendataan perusahaan yang hendak mengikuti program ini.

    Informasi lebih lanjut bisa menghubungi hotline vaksinasi di nomor 081296187177, 081296187277, 081282198977, dan 081219173177.


    Editor Team

    COMMENT