Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 28 2020

    Video Pertama yang Diunggah ke YouTube

    Hai Kawula Muda, ini dia video pertama yang diunggah ke YouTube 15 tahun yang lalu.

    Video pertama di YouTube. (YOUTUBE)

    YouTube, situs berbagi video milik Google ini semakin populer sejak kehadirannya 15 tahun lalu. Tidak hanya menjadi sumber hiburan, saat ini YouTube juga berperan sebagai sumber informasi, serta mata pencaharian utama bagi banyak YouTuber.

    Tetapi, seperti apakah video pertama yang diunggah ke YouTube?

    Video pertama yang diunggah di YouTube adalah video yang dibuat oleh salah satu pendiri YouTube yaitu Jawed Karim. Ia mengunggah video pendek berdurasi 19 detik berjudul Me at the zoo.

    Di dalam video, tampak Karim berdiri di depan kandang gajah. Ia tampak terkesima dengan belalai gajah yang disebutnya “sangat, sangat panjang”. Video masih direkam menggunakan aspect ratio non-widescreen yang umum ketika itu. Akibatnya, ada bidang kosong berwarna hitam di sisi kanan dan kiri video atau pillarboxing.

    Hingga saat ini, video Me at the zoo masih bisa disaksikan di YouTube. Dalam kurun waktu 15 tahun, video ini sudah dilihat sebanyak 96 juta kali dengan 6,1 juta lebih komentar.


    YouTube didirikan oleh tiga orang mantan karyawan PayPal yaitu Jawed Karim, Chad Hurley, dan Steve Chen. Domain www.youtube.com diaktifkan pada 14 Februari 2005 dan dianggap sebagai hari kelahiran YouTube.

    Meski begitu, situsnya baru dikembangkan pada 23 April 2005, ditandai dengan diunggahnya video pertama ini, sekaligus menandai pula kehadiran layanan tersebut.

    Pada masa-masa awalnya, YouTube beroperasi sebagai perusahaan startup yang didanai oleh Sequoia Capital. Kantornya ada di lantai atas sebuah restoran pizza di San Mateo, California.

    Tidak sampai dua tahun setelah didirikan, Google mengakuisisi YouTube pada Oktober 2006 senilai 1,65 miliar dolar Amerika Serikat dalam bentuk saham.

    Saat ini YouTube menghasilkan pendapatan lebih dari 20 miliar dolar AS setiap tahunnya dan memiliki nilai jual hingga 140 miliar dolar AS. YouTube pun kini berstatus sebagai salah satu anak usaha Google yang paling dikenal.

    Dalam waktu singkat, YouTube berhasil tumbuh pesat. Bahkan pada 2019, YouTube telah mencatatkan rekor baru untuk jumlah pengguna atau pengunjung bulanan.

    Platform streaming yang satu ini memiliki sekitar dua miliar pengguna per bulan, itu artinya sekitar 25 persen dari seluruh populasi di dunia. Dengan presentase pengguna, 62 persen pria dan 38 persen wanita.

    Tahun lalu, Google juga mengungkap bahwa lebih dari 500 jam konten baru diunggah ke YouTube tiap menitnya. Itu berarti, 30 ribu jam konten per jam dan 720 ribu jam konten per hari.

    Atau dengan kata lain, diperlukan sekitar 82 tahun untuk menonton semua konten baru yang diunggah ke YouTube hanya dalam satu hari.

    Editor Team

    COMMENT