Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Mar 24 2022

    Vladimir Putin akan ke Indonesia untuk Hadiri KTT G20 di Bali

    Acara ini akan berlangsung di akhir 2021 mendatang.

    Vladimir Putin (REUTERS)


    Vladimir Putin berencana akan datang ke Indonesia dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Acara ini akan dilaksanakan di Bali pada bulan Oktober mendatang. Akan tetapi, hal ini menjadi kebimbangan untuk Tanah Air.

    Kabar kedatangan itu diberitakan oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva. Rencana kehadiran Putin seiring dengan desakan sejumlah negara untuk mengeluarkan Rusia dari negara G20 sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina.

    "Tidak hanya G20, banyak organisasi berusaha untuk mengusir Rusia. Reaksi Barat benar-benar tidak proporsional," kata Vorobieva dalam konferensi pers, melansir dari laman Reuters, Kamis (24/3/2022).

    Di sisi lain, Indonesia harus menerima kedatangan Vladimir Putin karena sesuai dengan konsep politik luar negeri yang bebas aktif. Ini juga membuktikan bahwa Indonesia tidak memihak antara Rusia dan Ukraina.

    "Seharusnya kita terima. Kita sebagai tuan rumah selama ini kan memang tidak memihak ke salah satu pihak, tapi kita memang berharap perangnya ini dihentikan," ujar Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Mohammad Faisal dilansir dari Detik, Kamis (24/03/2022).

    Menurutnya, adanya kehadiran Putin, Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20 di Bali justru bisa menyampaikan langsung kekhawatiran terhadap dampak perang ke ekonomi global yang bisa menjalar ke mana-mana termasuk Indonesia.

    "Jadi itu yang saya pikir kita menjadikan KTT G20 ini sebagai upaya untuk kemudian mengakhiri perang dan juga untuk meredam atau menghindari dampak ekonomi yang lebih buruk lagi kalau perangnya berkepanjangan," tuturnya.

    Editor Team

    COMMENT