Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Oct 24 2022

    Warga di Jakarta yang Buang Sampah Sembarangan bakal Dipantau dari Drone?

    Jangan buang sampah sembarangan ya Kawula Muda!

    Ilustrasi Heru Budi Hartono saat memberi pengarahan di Gedung Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki (TIM) (instagram/herubudihartono)


    Kebiasaan buruk buang sampah sembarangan masyarakat Jakarta merupakan satu hal yang harus segera diperbaiki bersama baik oleh pemerintah maupun warganya. Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengusulkan kepada Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik untuk mengadakan pemantauan dan pengambilan gambar perilaku buang sampah sembarangan menggunakan drone. 

    Melihat dari banyaknya perilaku buang sampah sembarangan yang dilakukan oleh warga Jakarta. Heru menyoroti perilaku buruk ini saat Car Free Day pada hari Minggu di kawasan Semanggi sampai Monumen Nasional atau Monas.

    Situasi Car Free DaySituasi Car Free Day (INSTAGRAM/alivikry)

     

    Selain memberikan usul kepada Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik berupa penggunaan drone, Heru juga memberikan usul untuk menangani perilaku buruk buang sampah sembarangan ini kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perhubungan. Penyampaian usul untuk menindak perilaku buruk ini disampaikannya pada saat memberi pengarahan kepada seluruh Kepala Dinas, Wali Kota, hingga Camat dan Lurah di Gedung Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki (TIM) hari Selasa minggu lalu.


    Teruntuk penggunaan drone guna memantau dan mengambil gambar dari perilaku buruk buang sampah sembarangan ini, Heru mengusulkan untuk meletakkan drone di lokasi yang kerap terjadi keramaian seperti Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Semanggi. Gambar yang berhasil ditangkap nanti akan ditayangkan di kanal YouTube pemprov DKI. 

    “Pakai drone di titik-titik tempat yang biasa orang makan terus buang sampah adanya kan di Bundaran HI terus mau masuk Semanggi, belok kiri Kokas, ambil pakai drone siapa yang buang sampah sembarangan. Bisa mungkin dihimbau ditayangkan di YouTube kita untuk tidak membuang sampah sembarangan, itu contoh tidak baik,” ujar Heru di Taman Ismail Marzuki pada Selasa, 18 Oktober 2022.

    Selain penggunaan drone, Heru juga memberikan opsi lain dalam menangani hal ini kepada Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo. Usul dari Heru berupa penggunaan pengeras suara di lampu lalu lintas untuk menyampaikan himbauan berupa larangan membuang sampah sembarangan. Dalam kesempatan yang sama, Heru menyampaikan rasa kasihannya kepada para petugas kebersihan yang harus menyapu dan membersihkan kawasan tertentu di jam 11 malam. 

    “Ada pengeras suara enggak di lampu merah gitu? Pak Kadishub? Itu tolong dimainkan Pak Kadis (untuk memberi imbauan). Misal, Bapak-bapak peserta CFD, tolong jangan buang sampah sembarangan, jaga lingkungan kita” ujar Heru.

    Kepada Dinas Lingkungan Hidup, Heru memberikan usul agar diadakannya petugas yang berkeliling mengimbau warga untuk tidak membuang sampah sembarangan. Heru juga menyampaikan agar Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perhubungan bisa bekerja sama mewujudkan usulan darinya dalam menangani hal ini.

    Menjaga kebersihan dan kenyamanan Kota Jakarta dengan tidak membuang sampah sembarangan sejatinya merupakan kewajiban bagi kita semua sebagai warga Jakarta. Makanya, jangan buang sampah sembarangan ya Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT