Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Jun 18 2022

    Warga Kelahiran 1 Juli di NTB Dapat Buat SIM secara Gratis!

    Tapi hanya berlaku untuk 76 orang warga NTB saja!

    Surat Izin Mengemudi (Polresta)

    Bagi warga yang lahir pada 1 Juli, Kepolisian memberikan layanan khusus terkait Surat Izin Mengemudi (SIM). Adapun bentuk layanan khusus tersebut adalah pembuatan SIM gratis. 

    Hal tersebut dikarenakan tanggal 1 Juli bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Bhayangkara

    via GIPHY

    “Kami mensyaratkan pembuatan SIM gratis untuk warga yang lahir tanggal 1 Juli karena bertepatan dengan peringatan HUT (Hari Ulang Tahun) Bhayangkara” tutur Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah NTB, Komisaris Besar Polisi Djoni Widodo, dikutip dari CNNIndonesia, Rabu (15/06/2022). 

    Adapun Djoni mengingatkan bahwa hal tersebut hanya berlaku untuk 76 orang warga NTB saja.

    Sama seperti syarat umum, masyarakat yang ingin mendapat SIM gratis harus telah berusia 17 tahun. Adapun mereka dapat langsung datang ke Polres dan menunjukkan identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan akta kelahiran. 

    Sementara itu, pemberian layanan pembuatan SIM gratis pada momen ulang tahun Bhayangkara telah dilakukan dalam beberapa tahun ke belakang. Namun, tidak semua Polda melakukan pelayanan tersebut. 

    Pada 2021, beberapa Polda yang memberikan layanan ini adalah Polda Sumatera Utara, Polres Aceh Jaya, Polres Lebak, dan Polres Bogor Kota. 

    Adapun selain layanan SIM gratis, ada pula pembagian helm gratis yang dibagikan kepada warga yang taat berlalu lintas. Biasanya, pembagian helm tersebut dilakukan di setiap kegiatan pengamanan arus lalu lintas di seluruh kabupaten dan kota. 

    Editor Team

    COMMENT