Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Jan 19 2022

    Waspada Banjir, BMKG Prediksi Jabodetabek Hujan Lebat 3 Hari ke Depan!

    Tetap hati-hati, ya Kawula Muda!

    Ilustrasi hujan deras. (PIXABAY)

    Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) prediksi akan adanya peningkatan curah hujan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dalam tiga hari ke depan.

    “Adanya potensi peningkatan curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk wilayah Jabodetabek. Sebagian besar wilayah Jabodetabek termasuk wilayah yang diprediksikan mengalami puncak masih hujan pada periode Januari ini,” tutur Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, dalam keterangannya pada Selasa (18/01/2022) dikutip dari Detik.

    Oleh karena itulah, BMKG turut mengimbau masyarakat agar tetap waspada akan adanya potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan. Hal itu terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah rawan hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, hingga angin kencang. 

    Guswanto mengatakan prediksi tersebut berdasarkan analisis dinamika atmosfer. Saat ini, terlihat adanya peningkatan aktivitas Monsun Asia. Hal itu dikarenakan angin barat yang berembus cukup kuat di Indonesia bagian selatan.

    Terbentuknya pola tekanan rendah di Laut Arafuru bagian timur juga membentuk pertemuan massa udara dan belokan angin di wilayah Indonesia selatan. 

    Karena itulah, pembentukan awan hujan semakin meningkat di wilayah Jabodetabek. 

    “Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memperkirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir, dan angin kencang,” tutur Guswanto.

    Berikut adalah beberapa wilayah dengan potensi curah hujan tinggi dalam tiga hari kedepan:

    • 19 Januari 2022: Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi.

    • 20 Januari 2022: Kepulauan Seribu, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi.

    • 1 Januari 2022: Kepulauan Seribu dan Bogor.


    Editor Team

    COMMENT