Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Aug 21 2022

    Waspada, Kasus Cacar Monyet Pertama Terkonfirmasi di Jakarta

    Hai Kawula Muda, waspada cacar monyet ya!

    Ilustrasi cacar monyet (iStock)

    Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan adanya satu kasus pertama yang terkonfirmasi positif cacar monyet di Jakarta.

    Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Juru Bicara Kemenkes, Mohammad Syahril pada konferensi pers, Sabtu (20/8/2022).

    Disebutkan, kasus positif cacar monyet di Jakarta tersebut terjadi pada pasien berusia 27 tahun setelah kembali dari perjalanannya ke luar negeri.

    "Hari ini ada satu terkonfirmasi dari Jakarta, baru satu berusia 27 tahun, dapat laporan pemeriksaan PCR tadi malam," ujar Syahril.

    Jangan panik

    Sejalan dengan pengumuman dan sesuai arahan Kemenkes, pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) melalui Satgas Monkeypox atau Clades PB IDI meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik.

    Ketua Umum PB IDI, dr M. Adib Khumaidi mengatakan bahwa PB IDI terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan setempat serta IDI Wilayah dan IDI Cabang mengenai kewaspadaan penyakit cacar monyet di Indonesia.

    "Kami meminta tim medis dan tenaga kesehatan untuk tetap waspada dan segera melaporkan pada Dinas Kesehatan setempat apabila ditemukan pasien dengan gejala mirip cacar monyet, supaya bisa segera ditangani dan ditindaklanjuti," ujar dr Adib dalam siaran pers, Sabtu (20/8/2022).

    Ketua Satgas Monkeypox atau Clades PB IDI, dr Hanny Nilasari mengingatkan perlunya mempertahankan protokol kesehatan secara ketat serta lebih aktif menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

    Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan pihaknya sedang melakukan monitoring terkait kasus tersebut.

    "Kita sedang melakukan monitoring," kata Anies, usai ditemui di Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (21/8/2022).
    Anies memastikan pihaknya terus melakukan pemantauan terkait perkembangan kasus monkeypox. Di lantas meminta agar perkembangan kasus ditanyakan kepada Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

    Pemerintah siapkan vaksin

    Dalam kesempatan yang sama, Syahril juga mengatakan bahwa saat ini Kementerian Kesehatan sedang memproses pengadaan vaksin cacar monyet.

    "Insya Allah ada sekitar 10 ribu vaksin nanti kita adakan. Dan akan kita berikan kepada yang sedang menderita cacar monyet dalam masa inkubasi dan kepada kontak erat," ujar Syahril.

    Untuk jenis vaksin yang akan digunakan, Kemenkes menunggu rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

    Editor Team

    COMMENT