Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 07 2021

    Waspada, Lebih dari 530 Juta Data Pribadi Pengguna Facebook Dilaporkan Bocor!

    Selalu berhati-hati dalam menggunakan media sosial, ya, Kawula Muda!

    Ilustrasi penggunaan Facebook di telepon genggam. (UNSPLASH)

    Lebih dari 530 juta data pribadi pengguna Facebook dilaporkan telah bocor dan beredar di internet. Kasus ini dibawa ke permukaan oleh CTO Hudson Rock–perusahaan yang bergerak pada bidang cybercrime intelligence–Alon Gal melalui unggahan Twitter-nya.


    Dikutip dari Reuters, pihak Facebook mengonfirmasi situasi tersebut dengan mengatakan bahwa kebocoran data pengguna bersumber dari penyalahgunaan fitur yang sempat terjadi pada 2019 lalu. Untuk mengatasi hal ini, Facebook mengaku telah menutup celah keamanan.

    Laporan Reuters juga menyebutkan bahwa hacker memperoleh data pribadi pengguna Facebook sebelum September 2019. Pencurian data pribadi tersebut dilakukan dengan mengorek profil pengguna melalui kerentanan dalam tools sinkronisasi kontak. Akan tetapi, Facebook menyebutkan bahwa pihaknya telah memodifikasi tools tersebut untuk menghindari terulangnya kejadian serupa.

    Di sisi lain, Business Insider juga melaporkan adanya kebocoran nomor telepon dan informasi pribadi pengguna Facebook. Data pengguna yang bocor berasal dari 106 negara di dunia, termasuk Indonesia. Pengguna Indonesia yang turut menjadi korban disebut mencapai 130 juta orang.

    Tak tanggung-tanggung, petinggi Facebook turut menjadi korban dalam kasus kebocoran data pribadi ini. Peneliti cyber Dave Walker menyebutkan bahwa CEO Facebook Mark Zuckerberg serta pendiri Facebook Chris Hughes dan Dustin Moskovitz termasuk dalam 533 juta pengguna yang data pribadinya bocor.


    Kasus kebocoran data pribadi ini bukanlah yang pertama bagi Facebook. Pada 2016, data pribadi pulihan juta pengguna Facebook sempat digunakan oleh Cambridge Analytica untuk mempelajari profil pemilih jelang Pilpres Amerika Serikat.

    Editor Team

    COMMENT