Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 26 2021

    WHO: Kota Tersehat adalah Madinah

    Kawula Muda, kira-kira kapan ya kota di Indonesia dapat predikat ini?

    Foto pemandangan Kota Madinah. (INSTAGRAM/arabnews)

    Apakah kamu sudah mengunjungi Madinah? Kota ini berada di Arab Saudi dan menjadi kota suci bagi umat Islam. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut kota Madinah sebagai kota tersehat. 

    Predikat ini hadir karena kota ini mampu membuat lingkungan fisik dan sosial yang kondusif bagi kehidupan masyarakat.

    WHO juga memaknai kota sehat dengan usaha memperluas sumber daya komunitas untuk menjalankan fungsi kehidupan dan berkembang secara maksimal.

    Melansir dari Arab News, kota suci ini telah memenuhi ketentuan global untuk menyandang predikat ini. 

    WHO mengklaim bahwa Madinah adalah kota dengan lebih dari dua juta penduduk pertama yang mampu mendapat predikat kota tersehat.

    Madinah 2Masjid Nabawi, masjid yang berlokasi di kota Madinah. (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)

     

    Upaya ini sejalan dengan program kota Madinah yang sedang membuat Proyek Strategi Wilayah Madinah dan meluncurkan program “Kota Manusiawi”.

    Tidak mudah bagi Madinah untuk mendapatkan predikat ini, perlu adanya kolaborasi antara 22 badan pemerintah, komunitas, amal dan relawan yang bergabung dalam satu komite. Bahkan, pihak kota Madinah turut bekerja sama dengan Universitas Talibah. 

    WHO sangat mengapresiasi dan mendukung kota-kota lainnya untuk berkolaborasi dengan perguruan tinggi masing-masing dalam upaya mendapat predikat kota sehat. 

    Bentuk kolaborasi seperti itu menjadi pesan WHO bagi kota-kota lain yang sedang berupaya mendapat predikat kota sehat karena sejalan dengan definisi kota sehat yang telah dikemukakan WHO.

    Editor Team

    COMMENT