Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 02 2021

    Yayasan Badan Perguruan Indonesia di Kota Bandung

    Yuk kenalan dengan Yayasan BPI

    Yayasan Badan Perguruan Indonesia (BPI)

    Yayasan Badan Perguruan Indonesia (BPI) merupakan badan usaha yang bergerak di bidang Pendidikan, didirikan pada tanggal 18 Agustus 1948 dengan idealisme “Winaya Utama Marganing Satya Dharma” yang mengandung makna Pendidikan yang baik membentuk manusia yang setia pada dharmanya.

    Yayasan BPI beralamat di jalan Burangrang No 08 kota Bandung berada di jantung kota Bandung mengelola unit sekolah yaitu PAUD, SD, SMP,SMA 1 , SMA 2 dan SMK, untuk PAUD dan SD bertempat di jalan Halimun sedangkan SMP, SMA, SMA 2 dan SMK di Jalan Burangrang No 08

    Selama berkiprah 72 tahun Yayasan BPI telah melahirkan alumni-alumni yang berhasil dibidangnya, ada yang jadi pejabat, pengusaha maupun pesohor seperti Melly Goeslaw dan Hedi Yunus salah satunya.

    Dalam pengembangan kurikulum pembelajaran selaras dengan kebijakan merdeka belajar, dimana proses pembelajaran ditekankan pada fleksibilitas dan experimental learning sesuai dengan minat dan bakat dan kapabilitas siswa serta mencakup pendidikan pembentukan karakter.

    Unit sekolah di lingkungan yayasan BPI berkontribusi dalam penyelenggaraan Pendidikan nasional seperti.

    a. Menciptakan lulusan yang memiliki karakter, kemampuan interpersonal yang baik serta kompetensi sesuai dengan minat dan bakat

    b. Memiliki kontribusi nyata bagi masyarakat sekitar dan umumnya melalui program kegiatan intra kurikuler dan ekstra kurikuler yang berbasis IPTEK seperti STEM (sains, teknologi, environment dan mathematic) yang mampu memecahkan masalah keseharian.

    Pengelolaan sekolah menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan informasi secara menyeluruh melalui digitalisasi seperti pada kegiatan PPDB, pembelajaran maupun evaluasi/penilaian. Karena kemajuan teknologi informasi dewasa ini, maka menjadi suatu keniscayaan bahwa unit-unit sekolah di lingkungan Yayasan BPI wajib melengkapi dirinya dengan infrastruktur yang memadai untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang berbasis IT.

    Smart Campus adalah konsep yang diusung untuk mewujudkan sekolah yang berbasis digital. Selama masa pandemic Covid 19, setiap unit sekolah mulai dari PG-DC-TK, SD, SMP, SMA dan SMK melaksanakan kegiatan PJJ. Hampir disetiap layanan Pendidikan menggunakan digitalisasi. Sarana prasarana yang lengkap dan mendukung kemajuan layanan seperti : kolam renang mini untuk TK, psikolog, dokter dan tempat ibadah telah disiapkan dan terus ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan. Lingkungan sekolah yang mengacu pada konsep green school juga telah disiapkan di setiap unit sekolah.

    Dengan konsep green school setiap siswa dikenalkan dengan isu-isu lingkungan hidup, sehingga para siswa dapat menjadi manusia-manusia yang peduli terhadap lingkungan hidup.Setiap unit sekolah mempunyai berbagai keunggulan sesuai dengan karakter unit sekolah masing- masing diantaranya :

    Daycare PG TK BPI mengusung konsep tentang interaksi sehari- hari yang menyenangkan, Living Fun Everyday. Dengan menyediakan fasilitas penunjang tumbuh kembang untuk setiap anak berupa pemeriksaan Kesehatan umum, pemeriksaan gigi, Layanan Psikologi untuk setiap anak dan konsultasi dengan orang tua, kegiatan parenting dilaksanakan secara teratur dan terjadwal.

    Sekolah Dasar (SD) BPI yang berlokasi di wilayah yang nyaman di Kawasan Halimun Bandung memiliki berbagai prestasi seperti Sekolah Sehat Nasional, Sekolah Budaya Mutu Bersih dan Sehat Nasional, Sekolah Adiwiyata Mandiri, Program tahfidz Quran dengan hafal Juz ke 30, Pembelajaran Bahasa Inggris dan TIK diberikan mulai sejak kelas 1 SD. SD dengan segudang prestasi yang diraih oleh para siswanya. Dengan mengusung konsep SD BPI YES ( Yakin Eksis Sukses), maka seluruh potensi yang dimiliki diarahkan agar para siswa dapat meraih keberhasilan dan kesuksesan.


    Poster 1 BPIKenapa Harus Memilih BPI?

     

     SMP BPI Unggulan, merupakan salah satu SMP swasta terbaik di kota Bandung. Unggul, Berprestasi, dan Dipercaya merupakan konsep Pendidikan yang diusung oleh SMP BPI Unggulan. Dalam Proses pembelajaran (Tatap Muka) memberikan layanan Pendidikan dengan menyertakan dua orang guru untuk setiap kelasnya, paperless dan CBT, Shalat Dzuhur dan Asar berjamaah, lingkungan sekolah yang nyaman dan asri, ruangan bersih dan ber ACC, fasilitas internet Gratis diberikan untuk menunjang kegiatan pembelajaran.


    SMP BPI 1 BandungSMP BPI 1 Bandung

     

    “We Are Not Only The Best But We are the One”, demikian konsep Pendidikan yang diusung oleh SMA BPI 1 Unggulan. Perencanaan kegiatan Pendidikan diusung dengan mengacu pada upaya meningkatkan prestasi akademik dan non akademik.

    SMA BPI 1 secara resmi menjadi sekolah swasta digital pertama di Bandung yang menerapkan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran dan dalam mengimplementasikan STEAM sebagai cara untuk meningkatkan pelayanan pendidikan kepada peserta didik.

    Implementasi teknologi online dan offline untuk ujian jangka menengah dan akhir. Penggunaan teknologi juga mendukung kerja sama sekolah dengan lembaga lain seperti penggunaan konferensi video untuk berkolaborasi mengajar dan belajar dengan sekolah lain seperti Thailand (Sekolah Satriwittaya Bangkok), Gisborne Secondary College Melbourne Australia, dan Singapura (Yayasan Internasional Singapura).


    SMA BPI 1SMA BPI 1

     

    Terdapat beberapa kolaborasi yang dilakukan oleh SMA BPI 1 dengan lembaga lain seperti kerja sama dengan SEAMEO (Organisasi Pendidikan Menteri Asia Tenggara) yang memimpin kerja sama sekolah-sekolah di Negara-negara Asia Tenggara untuk terhubung dan berkolaborasi bersama. Melalui kerja sama ini, SMA BPI 1 telah terhubung dengan beberapa sekolah di Negara-negara Asia Tenggara dan beberapa universitas di Cina (Shouguan University) Universitas di Korea Selatan (Dong A University), Melbourne University di Australia, Nagoya University di Jepang, dan Tourism Institute di Jerman yang mana di masing-masing Universitas tersebut terdapat lulusan dari SMA BPI 1 yang melanjutkan studinya melalui bantuan beasiswa. Terdapat juga kerjasama dengan AMINEF (American Indonesia Exchange Foundation) yang memimpin kerja sama pertukaran guru dan siswa antara Indonesia dan Amerika Serikat.

    Pengembangan bakat di SMA BPI 1 bukan hanya melalui kegiatan ekstrakurikuler namun juga melalui prodiksus yang mana bentuknya merupakan mata pelajaran di dalam intrskurikuler seperti mata pelajaran DKV (Design Komunikasi Visual), Broadcasting, Modeling, Bahasa Korea, dll dengan mendatangkan praktisi profesional sebagai tenaga pengajarnya. Fasilitas lengkap dan memadai merupakan bagian penting untuk menunjang keberhasilan setiap siswa, ruangan kelas ber AC, Lab Bahasa, Lab Komputer, Personal LMS, Astronomi Observatorium, tenaga pengajar asing sebagai Native Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, dan Bahas Korea.

    SMA BPI 2 Bandung Unggulan mengusung konsep Students Now Leader Tomorrow, untuk mewujudkan hal tersebut diusung Program Unggulan SMA BPI 2 adalah literasi. Program Literasi dibagi menjadi 6 jenis yaitu literasi digital, literasi finansial, literasi sains, literasi budaya, literasi baca dan tulis, dan literasi numerasi.


    PPDB 2021PPDB 2021

     

    Diharapkan dengan program literasi ini menjadi nilai plus bagi lulusan (output) SMA BPI 2, menjadi lulusan yang berdaya saing tinggi, dan siap menghadapi dunia perkuliahan dan pekerjaan. Sejalan dengan itu SMA BPI 2 berhasil meraih berbagai prestasi akademik dan non akademik. Basket, Angklung, Bintalis, Shalat Dhuha berjamaah, ruang literasi yang nyaman, daya serap ke PTN yang mumpuni baik melalui jalur SNMPTN dan UTBK, Jalur Mandiri, tersebar di berbagai PTN seperti UPI, UIN, UNPAD dan beberapa perguruan tinggi bergengsi lainnya.

    SMK BPI Bandung, Berkualitas, Terpercaya dan Berprestasi. SMK BPI Bandung memiliki 3 jurusan yaitu Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran adalah kompetensi keahlian yang membekali siswa pada kegiatan perkantoran dan ketata usahaan berbasis ICT.

    Menekankan kegiatan administrasi yang mahir dalam melaksanakan tugas : Sekretariat junior, Public Relation, Arsiparis, Typing, Resepsionis. dan Wirausahawan yang tangguh dengan sikap Bermartabat, Berkualitas dan Terpercaya.

    Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) merupakan salah satu program keahlian di SMK BPI, di mana pada program ini siswa belajar bagaimana cara membuat program komputer dan cara berpikir dalam menyelesaikan masalah. Keahlian ini mencetak siswa-siswi yang handal di bidang Aplikasi Mobile, Aplikasi Web dan Web Design yang merupakan profesi menjanjikan di masa depan.

    Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan di BPI Bandung telah dirancang untuk selalu Up To date. Didukung oleh pengajar yang telah memenuhi Standar Kompetensi di bidang IT dan sarana/ prasarana di atas rata-rata serta model pembelajaran berbasis IT (media Online) siap mengantar anda menuju pintu gerbang zona digital.

    Yayasan BPI yakin bahwa pendidikan senantiasa bergerak secara dinamis ke masa depan, setiap Langkah pendidikan menuju dan mengantarkan setiap peserta didik menuju pintu gerbang keberhasilan masing-masing. Yayasan BPI akan memastikan bahwa segala upaya dan Langkah yang dilakukan senantiasa ditujukan untuk kesuksesan dan keberhasilan setiap peserta didik.

    Yayasan BPI mengundang Putra Putri Terbaik Indonesia untuk bergabung di sekolah-sekolah di lingkungan Badan Perguruan Indonesia (BPI), mulai dari PlayGroup-DC-TK BPI, SD BPI, SMP BPI, SMA BPI 1, SMA BPI 2 dan SMK BPI.

    Yayasan BPI berupaya seoptimal mungkin menghantarkan siswa dan siswinya untuk menyongsong era 4.0 dengan senantiasa bertumpu pada budaya dan kearifan lokal melalui konsep panca tekad yang diantaranya mengembangkan religiusitas, kemandirian dan kekeluargaan.

    Informasi lebih lanjut berkaitan dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022 bisa mengakses website Yayasan BPI (h ttps://bpiedu.id ) dan Portal PPDB (h ttps://ppdb.bpi.web.id/) atau web unit sekolah masing-masing. Helpdesk PPDB 2021/2022. Call/WA +62 813-1310-0831

    Editor Team

    COMMENT