Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 10 2022

    5 Negara Kuda Hitam di Piala Dunia 2022, Akankah Salah Satunya Menang?

    Ini dia tim tim tak terduga

    Piala Dunia 2022 akan berlangsung di Qatar pada 20 November hingga 18 Desember 2022 mendatang. (UNSPLASH/FAUZAN SAARI)


    Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Qatar nanti sebentar lagi dilaksanakan. Dalam setiap edisi Piala Dunia, selalu ada negara-negara yang menjadi kuda hitam yang mampu melaju jauh selama kompetisi berlangsung.

    Kuda Hitam sendiri merupakan istilah untuk melabeli tim yang tidak dipandang sebagai favorit untuk memenangkan sebuah kompetisi. Jangankan untuk memenangkan sebuah kompetisi, tim ini bahkan kerap dianggap tidak akan melaju jauh dalam ajang tersebut.

    Dalam Piala Dunia 2022 Qatar ini, banyak orang yang lebih memfavoritkan negara-negara dengan nama besar atau yang kerap melaju jauh dalam kompetisi tertinggi dunia sepak bola ini. Negara-negara seperti Brasil, Inggris, Prancis, Jerman dan Spanyol diprediksi akan bersaing di tahapan yang jauh dari sekadar fase grup. Tidak mengejutkan juga bagi banyak orang jika salah satu dari negara-negara tersebut menjadi juara dalam pagelaran olahraga sepak bola 4 tahun sekali ini.

    Dari banyaknya negara yang tergabung dalam kompetisi ini, setidaknya ada lima negara yang diprediksi akan menjadi kuda hitam di Piala Dunia Qatar 2022 kali ini. Berikut daftar lima negara tersebut.

    1. Denmark 

    tim nasional denmarkilustrasi tim nasional Denmark (Instagram/herrelandsholdet)

     

    Berada di Grup D bersama Tunisia, Australia, dan juara bertahan dari Piala Dunia edisi sebelumnya, Prancis, Denmark diprediksi akan melangkah jauh dalam kompetisi ini. Negara yang kerap dijuluki sebagai “Tim Dinamit” ini kini dihuni oleh nama-nama dari tim di liga-liga top Eropa dan dinakhodai oleh pelatih Kasper Hjulmand.

    Dari penjaga gawang, posisi ini diisi oleh Kasper Schmeichel dari OGC Nice. Di depannya, ada Simon Kjaer dari Ac Milan didampingi oleh Andreas Christensen dari Barcelona sebagai tembok pertahanan Denmark. Di tengah, pos ini diisi oleh Pierre-Emile Højbjerg dari Tottenham Hotspurs dan Christian Eriksen dari Manchester United. Di sektor penyerangan, ada Yussuf Poulsen dari RB Leipzig.

    2. Wales

    timnas walesilustrasi tim nasional wales (Instagram/fawales)

     

    Negara yang termasuk ke dalam negara bagian dari Britania Raya ini tergabung ke dalam Grup B bersama Amerika Serikat, Iran, dan Inggris. Identik dengan Gareth Bale sebagai mantan bintang Real Madrid, Wales akhirnya kembali berhasil melibatkan diri ke dalam kompetisi tertinggi dunia sepak bola ini setelah 64 tahun. Terakhir kali mereka berhasil lolos ke Piala Dunia adalah pada edisi 1958.

    Pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022 ini, Wales memang masih bergantung dengan keberadaan Gareth Bale. Hal ini terlihat dari torehan gol dan asis dari Bale yang mencapai 5 gol dan 4 asis dari tujuh pertandingan. Namun demikian, bintang dari tim nasional Wales bukanlah Gareth Bale seorang, ada Aaron Ramsey, mantan pemain Arsenal dan Daniel James, penyerang sayap dari Leeds United.

    3. Senegal 

    timnas senegalilustrasi tim nasional Senegal (Instagram/footballsenegal)

     

    Sebagai juara dari Piala Afrika 2021, Senegal tentunya patut menjadi tim yang diperhitungkan di Piala Dunia Qatar 2022. Senegal juga kini menempati posisi ke-18 rangking FIFA. Meskipun baru dua kali ikut serta dalam Piala Dunia pada edisi 2002 dan 2018, Senegal dianggap mampu mengganggu kenyamanan dari tim nasional dari negara-negara besar di Piala Dunia Qatar 2022 ini.

    Berisikan nama-nama beken seperti Sadio Mané dari FC Bayern München, Kalidou Koulibaly dan Edouard Mendy dari Chelsea, serta Ismaïla Sarr dari Watford. Meski masuk ke daftar tim kuda hitam, aksi dari Senegal tetap ditunggu-tunggu oleh penikmat sepak bola.

    4. Kanada 

    timnas kanadailutrasi tim nasional Kanada (Instagram/canadasoccer)

      

    Negara yang baru dua kali ikut serta di Piala Dunia ini tergabung dalam Grup F bersama Maroko, Kroasia, dan Belgia. Kali pertama mereka berlaga dalam Piala Dunia adalah pada Piala Dunia edisi 1986 yang digelar di Meksiko. 

    Kehadiran Kanada pada Piala Dunia 2022 Qatar ini sendiri sebenarnya sudah menjadi sebuah kejutan. Pasalnya, tim yang dinakhodai John Herdman ini berhasil memuncaki klasemen zona CONCACAF. Kanada berhasil mengungguli Meksiko, Amerika Serikat, dan Kosta Rika dengan 28 poin.

    Dihuni oleh Alphonso Davies dari FC Bayern München dan Jonathan David dari Lille FC, tim yang dipimpin oleh Atiba Hutchinson dari Besiktas JK sebagai kapten, Kanada siap melangkah jauh pada Piala Dunia 2022 Qatar ini.

    5. Serbia

    timnas serbiailustrasi tim nasional Serbia (Instagram/fudbalskisavezsrbije)

     

    Berhasil menjuarai Grup A yang berisikan Portugal, Irlandia, Luxemburg dan Azerbaijan dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa kemarin, Serbia diprediksi bisa menjadi kuda hitam pada gelaran Piala Dunia 2022 Qatar ini.

    Meskipun kini berada di Grup G bersama Brasil, Swiss, dan Kamerun, Serbia yang kini berisikan nama-nama besar yang bisa membawa mereka melangkah jauh di Piala Dunia 2022 Qatar ini.

    Di lini depan, Serbia diisi nama-nama seperti Dusan Vlahovic dari Juventus dan Aleksandar Mitrovic dari Fulham. Di tengah, ada nama-nama mentereng seperti Dusan Tadic dari Ajax, Filip Kostic dari Juventus, dan Sergej Milinkovic-Savic dari Lazio.

    Ada negara jagoan lo, Kawula Muda?

    Editor Team

    COMMENT