Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 21 2022

    6 Momen Viral di MotoGP Mandalika yang Jadi Sorotan Netizen

    Menurut kamu gimana dengan MotoGP kemarin, Kawula Muda?

    Miguel Oliveira berhasil menjadi juara pertama diikuti Fabio Quartararo dan Johann Zarco. (Twitter/@MotoGP)


    MotoGP Mandalika 2022 sudah selesai dihelat pada Minggu (20/3/) sore waktu setempat. Miguel Oliveira berhasil finis di podium satu saat GP Mandalika, disusul oleh Fabio Quartararo dan Johann Zarco.

    Pada Senin (21/3), sejumlah rider MotoGP sudah mulai meninggalkan Lombok, Indonesia. Mereka pergi sambil mengucapkan beberapa kalimat pujian atas antusiasme dan sambutan meriah dari masyarakat Tanah Air.

    Bisa dikatakan, debut Indonesia sebagai tuan rumah ajang balap motor paling bergengsi di dunia itu cukup baik. Berikut enam momen unik mewarnai ajang balap kelas primer itu setelah 25 tahun absen di Indonesia.

    1.  Mbak Rara sang pawang hujan di MotoGP Mandalika

    MotoGpAksi pawang hujan dan Fabio Quartararo. (Twitter/@MotoGP)

    Hujan deras sempat mengguyur Sirkuit Mandalika pada Minggu (20/3/2022) siang. Padahal, suhu panas sempat menemani jalannya balapan Moto3 dan Moto2.

    Di tengah perasaan was-was menanti nasib balapan, seorang pawang hujan masuk ke area sirkuit. Seorang perempuan bernama Rr. Istiani Wulandari (Mbak Rara) pun menjadi perhatian publik yang dikenal sebagai The Master of Rain. 

    Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo bahkan sempat menirukan aksi sang pawang di paddock

    2. Tertunda hujan, trek Mandalika tersambar petir

    MotoGPpetir sirkuit Mandalika. (Twitter/@MotoGP)

    Tidak hanya aksi Mbak Rara. Laga MotoGP Mandalika sempat dihentikan karena hujan deras. Saat hujan mengguyur, petir pun menyambar salah satu sudut sirkuit.

    Insiden itu terjadi sebelum balapan. Ketika sirkuit masih kosong, dan semua riders sedang menunggu hujan reda untuk memulai balapan, petir tersebut menyambar dan hampir membakar trek mandalika. Kejadian itu pun tak luput dari rekaman tim MotoGP. 

    3. Marc Marquez kecelakaan hingga dilarikan ke RS dan absen di MotoGP Mandalika

    MotoGPMarc Marquez highside. (Twitter/@MotoGP)

    Pembalap Respol Honda, Marc Marquez, akhirnya buka suara soal kecelakaan telak yang dialaminya di sirkuit Pertamina Mandalika, Minggu (20/03/2022).

    Saat pemanasan jelang balapan, Marquez mengalami high side di tikungan tujuh sirkuit Mandalika. Ketika kecelakaan, motor Marquez bahkan sempat melayang dan ia pun ikut terpelanting ke udara.

    Hasilnya, moto RC213V milik Marquez hancur dan ia mengalami cedera di kepala sehingga harus dilarikan ke rumah sakit dan tidak bisa mengikuti MotoGP Mandalika.

    4. Kemenangan Miguel Oliveira di sirkuit Mandalika sudah diprediksi netizen Indonesia

    MotoGPRamalan netizen Indonesia di Twitter atas kemenangan Miguel Oliveira. (Twitter/@blastgee)

    Kemenangan Miguel Oliveira di lintasan basah MotoGP Mandalika 2022 diprediksi dengan tepat oleh netizen di Twitter sehari sebelum race dimulai. Seorang pengguna akun @blastgee mengumumkan daftar pembalap di podium. 

    Uniknya, @blastgee menulis dua skenario pemenang di MotoGP Mandalika 2022. Jika balapan berlangsung di lintasan basah, kata pemilik akun itu, Miguel Oliveira akan memenangkan balapan disusul oleh Fabio Quartararo dan Johann Zarco.

    Namun, lanjut unggahan yang sama, jika balapan berlangsung di lintasan kering, maka pembalap yang naik podium adalah Fabio Quartararo, Johann Zarco, dan Pecco Bagnaia.

    Prediksi tersebut terbukti akurat. Keesokan harinya, pada balapan yang berlangsung Minggu (20/3/2022) sore, Miguel Oliveira memenangkan balapan disusul Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Johann Zarco (Pramac Ducati).

    5. Jokowi berikan trofi langsung ke tiga pemenang

    JokowiJokowi serahkan trofi MotoGP kepada tiga pemenang. (Instagram/@jokowi)

    Presiden Joko Widodo menyerahkan trofi kepada juara MotoGP Mandalika 2022, Miguel Oliveira. Pembalap KTM Factory Racing tersebut diketahui finish di posisi pertama.

    Di posisi kedua ada Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha. Kemudian di posisi kedua ada Johann Zarco FRA Pramac Ducati.

    Jokowi yang mengenakan jaket berwarna merah bertuliskan G20 menyerahkan secara langsung trofi ke Miguel Oliveira.

    6. Miguel Oliveira dedikasikan podium untuk Risman, staf hotel tempatnya menginap

    Risman dan Miguel OliveiraUnggahan Risman dan Miguel Oliveira. (Instagram/@richman_taye)

    Kemenangan yang diperoleh Oliveira, ternyata tak hanya didedikasikan Oliveira secara khusus untuk keluarganya, tapi juga buat warga Indonesia.

    Sontak, hal ini jadi perbincangan masyarakat tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Risman adalah staf hotel tempat menginap Oliveira menginap, yang mendapat penghargaan. Usai laga, Oliveira secara khusus memberikan penghormatan kepada Risman.

    "Dia yang mendukung saya. Selama sepekan ini, dia selalu membantu saya. Kemenangan ini saya dedikasikan untuk seorang staf hotel bernama Risman," ujar Oliveira.

    Ini merupakan gelar keempat Oliveira sepanjang kariernya di MotoGP. Dia mengaku kemenangan itu sangat berharga.

    Editor Team

    COMMENT