Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 20 2022

    Bola Resmi Piala Dunia 2022 Dibuat di Madiun

    Bola resmi Piala Dunia 2022 ternyata bikinan pekerja di Madiun lho Kawula Muda

    Al Rihla bola resmi Piala Dunia 2022 (Dok. Adidas)


    Meski tidak ikut serta pada gelaran Piala Dunia 2022, Indonesia nyatanya masih berkontribusi dalam acara empat tahunan tersebut. Al Rihla yakni bola resmi yang akan digunakan sepanjang turnamen Piala Dunia berlangsung merupakan bola yang diproduksi di Indonesia, tepatnya di Madiun, Jawa Timur.

    Hal tersebut dipastikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, yakni Khofifah Indar Parawansa lewat akun Instagram pribadinya. Khofifah secara bangga menunjukkan bola sebagai salah satu kontribusi Indonesia di Piala Dunia.

    “Inilah bola yang akan digunakan pada kompetisi Piala Dunia 2022 di Qatar. Di ajang olahraga terakbar di planet itu, Indonesia punya peran penting di setiap pertandingannya,” tulis keterangan dalam unggahan Instagram Khofifah.

    Kofifah dan bola Al RihlaKofifah dan bola Al Rihla (Instagram/khofifah.ip)

    Pada akhir Maret 2022 lalu, Adidas resmi meluncurkan bola yang nantinya akan digunakan di Piala Dunia 2022 Qatar, dengan nama Al Rihla.

    Bola Al Rihla sendiri dibuat menggunakan teknologi tinggi yang berfokus pada kecepatan, sehingga bola tersebut diharapkan bisa bergerak lebih cepat dengan akurasi dan stabilitas yang juga telah diukur.

    Sementara itu makna nama Al Rihla sendiri diambil dari bahasa Arab yang berarti perjalanan, atau Lebih tepatnya sebuah perjalanan dengan tujuan yang baik. Desain Al Rihla sengaja dibuat dengan identitas tuan rumah, yakni Qatar. Pada desain tersebut terdapat tiga warna bendera, arsitektur unik serta gambar perahu ikonis. Warna dasar putih membuat paduan warna biru, merah, dan hitam terlihat jelas.

    Ternyata Al Rihla bukan satu-satunya produk dunia yang dibuat di Indonesia, nih, Kawula Muda, sebelumnya jersey Final Liga Champions tahun 2020/2021 milik Chelsea juga dibuat di Indonesia, hal tersebut dipastikan setelah unggahan di media sosial Chelsea menampilkan gambar jersey yang menampilkan kerah dengan tulisan ‘Made In Indonesia’.

    Editor Team

    COMMENT