Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 14 2022

    Iwan Bule Minta Maaf atas Tragedi Kanjuruhan dan Pastikan PSSI Tanggung Jawab

    Selain meminta maaf, Iwan Bule juga mengatakan bahwa PSSI akan bertanggung jawab atas tragedi Kanjuruhan

    Iwan Bule (Dok. PSSI)


    PSSI selaku federasi sepakbola tertinggi di Indonesia akhirnya meminta maaf atas tragedi yang terjadi di Kanjuruhan, Malang.

    Permintaan maaf tersebut disampaikan langsung oleh ketua PSSI yakni Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, pada saat konferensi pers pembentukan Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia antara FIFA, AFC, Pemerintah Indonesia, dan PSSI di Jakarta, Kamis (13/10/2022).

    Ga hanya itu, Iwan Bule yang belakangan dituntut mundur dari jabatannya sebagai ketua PSSI kini mengatakan bahwa PSSI akan bertanggung jawab secara penuh atas pada tragedi Kanjuruhan.

    "Pertama-sama saya atas nama federasi mohon maaf atas apa yang terjadi dengan tragedi, PSSI bertanggung jawab sepenuhnya," ujar Iwan Bule.

    "Sebagai salah satu bentuknya adalah hari ini sebagai jawaban bahwa kita sepakat membentuk task force atau satgas Transformasi Sepak Bola yang berisi pemerintah, FIFA, AFC, Polri, Kemenpora, Kemendagri, PUPR, Kemenkes," imbuhnya.

    Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 132 orang tersebut menuntut tanggung jawab dari berbagai pihak, salah satunya adalah PSSI.

    Iwan BuleIwan Bule (Jawa Pos/Angger Bondan)

    Dengan dibentuknya tim task force diharapkan bisa menjawab pertanyaan dan tuntutan masyarakat atas tragedi Kanjuruhan ini, sekaligus menjadi momentum yang tepat untuk memperbaiki penyelenggaraan sepak bola di Indonesia.

    Sebelumnya, Iwan Bule sempat menyangkal bahwa pihaknya harus bertanggung jawab atas tragedi tersebut. Iwan bahkan menunjuk panitia pelaksana Arema FC sebagai pihak yang bertanggung jawab.

    Ini merupakan kali pertama Iwan meminta maaf secara terbuka, setelah kurang lebih 14 hari setelah kejadian. Permintaan maaf itu disinyalir hasil dari suara masyarakat yang berkali-kali mendesak Iwan untuk mundur.

    Sementara itu, tuntutan masyarakat atas mundurnya Iwan Bule sebagai ketua PSSI rupanya diikuti oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

    Shin Tae-yong secara mengejutkan mengeluarkan pernyataan akan mundur dari kursi pelatih apabila Iwan Bule mundur sebagai ketua PSSI.

    Editor Team

    COMMENT