Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 09 2021

    Libas Kamboja 4-2 di Laga Perdana Piala AFF 2020, Indonesia Hapus Kutukan 9 Tahun!

    Sejak 2012, Indonesia tidak pernah menang di laga perdana Piala AFF hingga Evan Dimas dkk menghapus kutukan tersebut dengan melibas Kamboja 4-2.

    Indonesia 4-2 Kamboja. (PSSI)

    Timnas Indonesia melakoni laga perdana di Piala AFF 2020 pada Kamis (9/12). Skuad Merah Putih bertemu Kamboja di pertandingan babak penyisihan Grup B yang berlangsung di Bishan Stadium, Singapura.

    Indonesia tidak menunggu lama untuk memberikan kejutan. Tampil menyerang sejak awal, Rachmat Irianto membuka keunggulan melalui sundulan yang berawal dari sepak pojok Evan Dimas pada menit ke-4.

    Unggul 1-0 membuat pasukan Shin Tae-yong semakin percaya diri dan menguasai permainan. Memasuki menit ke-18, giliran Evan Dimas yang mencatat namanya di papan skor. Evan Dimas melepas sepakan mendatar setelah umpan Pratama Arhan gagal diantisipasi lini pertahanan Kamboja.

    Indonesia yang terus menekan, kembali unggul di menit ke-33. Pratama mencetak assist keduanya setelah sepak pojoknya dikonversi menjadi gol oleh Irianto. Indonesia unggul 3-0.

    Sayangnya, unggul 3 gol membuat Timnas Indonesia lengah. Pada menit ke-37, Kamboja berhasil mencuri gol. Berawal dari sepak pojok, Yeu Safy berhasil menanduk bola ke gawan Syahrul Trisna.

    Evan Dimas dkk tampil baik dan drama empat gol menghiasi jalannya babak pertama. Tidak ada gol tambahan tercipta hingga menit ke-45 babak pertama dan keunggulan 3-1 untuk Timnas Indonesia bertahan hingga turun minum. 

    Di babak kedua, Kamboja yang tertinggal tampil lebih agresif. Pada menit ke-47, umpan Min Ratanak berhasil dimanfaatkan menjadi tembakan ke gawang oleh Nhean Sosidan. Beruntuk, Syahrul Trisna dengan sigap menghalau bola.

    Kamboja yang sibuk menyerang, justru harus kembali kebobolan. Ramai Rumakiek yang menerima umpan Ricky Kambuaya, berhasil melepas sepakan keras yang gagal dibendung kiper Kamboja.

    Gol tersebut mengunci kemenangan Indonesia. Meski demikian, pasukan Ryu Hirose berusaha bangkit dan tampil semakin agresif. Hasilnya, di menit ke-60 Kamboja memperkecil ketinggalan melalui tendangan bebas Prak Mony Udom.

    Tak ada gol tambahan yang tercipta di babak kedua dan pertandingan berakhir dengan skor 4-2. Timnas Indonesia pun berhasil mengamankan kemenangan pertama mereka di babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020.

    Kemenangan ini menjadi modal berharga bagi Timnas Indonesia untuk bersaing di Piala AFF 2020. Kemenangan ini juga jadi pemutus kutukan Indonesia yang tidak pernah menang di laga perdana Piala AFF.

    Editor Team

    COMMENT