Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 12 2022

    Mau Nonton Piala Dunia Qatar 2022? Lo Wajib Punya Hayya Card!

    Kawula Muda, lo bisa bebas masuk ke Qatar kalau punya kartu ini!

    Kartu Hayya, pengganti visa Qatar selama Piala Dunia 2022 berlangsung (Visa Guide)


    Kurang lebih satu pekan lagi, Warganet akan segera menyambut salah satu gelaran paling ditunggu, yaitu Piala Dunia 2022

    Tahun ini, Piala Dunia akan digelar di Qatar, Kawula Muda. Gelaran akbar sepak bola kelas dunia ini tentu menarik perhatian banyak pengunjung dari berbagai penjuru dunia.

    Jika dahulu lo memerlukan visa untuk berkunjung ke negara lain, kali ini Qatar menyediakan pilihan berkunjung ke negaranya secara lebih mudah, yaitu dengan menggunakan Hayya Card. Hal ini dilakukan Qatar untuk memberikan kemudahan akses terhadap Piala Dunia 2022, loh.

    Namun, apa itu Hayya Card? Kawula Muda, buat lo yang menunggu Piala Dunia 2022 bahkan ingin menonton ke Qatar secara langsung, sudah tahu soal Hayya Card, belum? Simak segala hal yang harus lo ketahui soal Hayya Card di bawah ini!

    Hayya Card, Kartu All in One-nya Qatar

    hayya cardSegala hal tentang Hayya Card (Kemenlu)


    Melansir laman resmi Kementerian Luar Negeri, terhitung tanggal 1 November 2022, pemerintah Qatar memberlakukan ketentuan baru kepada seluruh pengunjung internasional yang akan memasuki Qatar, Kawula Muda.

    Faktanya, para pengunjung internasional diwajibkan untuk memiliki Hayya Card. Menurut pemerintah Qatar, kartu ini akan menjadi visa atau semacam izin masuk bagi pengunjung luar negeri yang memasuki Qatar. Setelah 1 November kemarin, Qatar membatasi kunjungan ke negara mereka. Para pendatang hanya diperbolehkan masuk ke negara tersebut jika sudah memiliki Hayya Card.

    Penggunaan Hayya Card sendiri sebagai syarat izin masuk memang dibuat khusus untuk gelaran Piala Dunia, Kawula Muda. Hal ini akan membuat kemudahan sekaligus membantu pemerintah Qatar untuk mendata para pengunjung yang hadir. Diketahui, Hayya Card juga berperan menjadi kartu identitas para pendatang selama Piala Dunia 2022 digelar di Qatar.

    Tidak hanya sebagai pengganti visa, Hayya Card juga berguna sebagai “tiket” untuk memasuki venue pertandingan Piala Dunia 2022. Mudahnya, pengunjung Piala Dunia 2022 tidak perlu memiliki visa untuk masuk ke Qatar. Mereka hanya membutuhkan Hayya Card yang berlaku.

    Bagaimana Cara Mendapatkannya?

    Ilustrasi Kartu HayyaHayya Card, Kartu Wajib Piala Dunia 2022 (Qatar Tribune)

     

    Melansir laman resmi Hayya Qatar 2022, lo bisa mendapatkan kartu Hayya ini dengan mudah, loh! Cara mengajukannya fleksibel, yaitu dapat dilakukan di mana saja menggunakan aplikasi bernama Hayya to Qatar 2022. Selain itu, aplikasi ini mencakup segala hal informasi mengenai Qatar dan segala hal yang lo butuh kan selama berkunjung ke Qatar, Kawula Muda.

    Jika sudah mempunyai aplikasi Hayya to Qatar, pertama-tama, lo harus membuat dan mempunyai akun terlebih dahulu. Setelah itu, proses pendaftaran dilanjutkan dengan memilih kategori pengajuan, informasi pribadi, seperti foto, detail salinan paspor, dan nomor telepon.

    Khusus untuk pengunjung internasional, lo akan diminta memberikan rincian akomodasi dan berbagai informasi seperti kontak darurat untuk memudahkan penerimaan Hayya Card.

    Lama waktu pengajuan sendiri untuk pengunjung dari luar negeri sekitar lima hari hingga Hayya Card dapat disetujui, sedangkan untuk warga lokal tiga hari.

    Apa Saja Keuntungan Hayya Card?

    hayya cardKeuntungan para pemegang Hayya Card (Hayya Qatar 2022)

     

    Tidak hanya sebagai pengganti visa untuk izin masuk Qatar dengan lebih mudah, Hayya Card juga akan menjadi izin masuk stadion, Kawula Muda. 

    Tidak hanya itu, pemegang kartu Hayya dapat memiliki akses transportasi umum secara gratis di Qatar dari 10 November-23 Desember 2022, loh!

    Faktanya, jika lo sudah punya aplikasi Hayya to Qatar, lo akan dapat menemukan banyak keuntungan lainnya. Pihak Qatar bahkan mengklaim bahwa pemilik kartu Hayya akan dijamu dengan banyak keuntungan, seperti akses ke acara penggemar, diskon menarik, sim card gratis, dan akses ke fitur lainnya. Keren banget!

    Pemilik Hayya Card Boleh Keluar Masuk Bebas

    Tidak hanya keuntungan di atas, khusus untuk pengunjung internasional, lo akan memiliki izin untuk tinggal di Qatar hingga 23 Januari 2022 tanpa memerlukan visa. Hal ini berarti, lo bisa keluar masuk Qatar dengan bebas. Kawula Muda hanya perlu menyiapkan Hayya Card saja.

    Ditambah lagi, pihak Qatar juga memberikan banyak informasi mengenai akomodasi yang tersedia dengan banyak pilihan. Berkunjung ke Qatar akan lebih mudah dan nyaman, nih. Keren banget!

    Punya Hayya Card, Bisa Undang Orang Lain Ke Qatar, loh

    Sepertinya Qatar mempunyai cara spesial untuk ikut memeriahkan gelaran Piala Dunia tahun ini, Kawula Muda. Faktanya, jika lo sudah punya Hayya Card, lo juga dapat mengundang maksimal 3 orang tanpa tiket pertandingan dengan menggunakan fasilitas Hayya with Me!

    Fitur “Hayya with Me (1+3)” memungkinkan para pemegang Hayya Card untuk mengundang hingga tiga penggemar yang tidak memiliki tiket untuk menghadiri Piala Dunia 2022. Fitur ini juga berlaku untuk pengunjung internasional, loh!

    Kawula Muda catat ya, fitur ini hanya berlaku untuk pemegang Hayya Card yang disetujui dan berusia 18 tahun ke atas dan mendaftar menggunakan nomor tiket Piala Dunia. 

    Selain itu, ketentuan untuk undangannya sendiri adalah, pengunjung non-tiket pertandingan yang mendaftar melalui voucher “Hayya with Me (1+3”) dapat berusia berapa pun. Mereka harus memegang paspor yang masih berlaku dan bukan pemegang ID Qatar. 

    Mereka juga harus mengkonfirmasi akomodasi mereka di Qatar selama kunjungan. Setiap undangan pemohon “Hayya with Me (1+3)” juga harus membayar biaya sebesar 500 Riyal Qatar atau sekitar 2 jutaan yang tidak dapat dikembalikan sebagai jaminan. Namun, biaya tersebut tidak berlaku untuk anak di bawah 12 tahun, Kawula Muda.

    Bagaimana, Kawula Muda? Sudah siap menyambut Piala Dunia 2022?

    Editor Team

    COMMENT