Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 18 2022

    Resmi, AFC Umumkan Indonesia Jadi Salah Satu Calon Tuan Rumah Piala Asia 2023

    Menpora dan PSSI saat ini tengah menyelesaikan persyaratan yang diminta AFC

    Logo AFC (LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images)


    Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah mengumumkan nama-nama negara yang menjadi kandidat kuat tuan rumah Piala Asia 2023 mendatang. Negara-negara tersebut antara lain Australia, Indonesia, Korea Selatan dan Qatar.

    Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh AFC melalui laman resminya the-afc.com pada Senin (18/7/2022).

    "Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah menerima Expressions of Interest (EoI) dari empat Asosiasi Anggota AFC untuk menjadi tuan rumah putaran final Piala Asia 2023," demikian pernyataan tersebut.

    Sebelumnya, pada Selasa (28/06/22) lalu, PSSI selaku federasi sepak bola tertinggi di Indonesia telah mengirimkan proposal kepada AFC untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 mendatang.

    Keputusan dari PSSI tersebut lantas mendapatkan banyak respons positif dari masyarakat Indonesia yang menggemari sepak bola, juga mendapatkan dukungan dari Menpora, Zainudin Amali.

    "Setelah PSSI berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dilansir dari Indosport, Senin (18/7/2022)

    "PSSI pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Menpora Zainudin Amali yang telah mendukung rencana ini," lanjutnya.

    Menpora Zainudin Amali juga memastikan akan segera menyelesaikan persyaratan yang diminta AFC untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

    “Semua persyaratan yang diminta oleh AFC segera kita siapkan dan akan kita kirimkan secepat mungkin,” pungkas, Zainudin Amali.

    Jakarta International StadiumJakarta International Stadium dari angle atas (INSTAGRAM/Jakinstadium)

    AFC sendiri telah memberikan batas waktu kepada negara-negara calon tuan rumah Piala Asia 2023 hingga 31 Agustus 2023 mendatang. Sementara itu, pengumumannya sendiri akan disampaikan lewat Komite Eksekutif AFC pada 17 Oktober 2022.

    Piala Asia 2023 sendiri rencananya akan berlangsung pada 16 Juni hingga 16 Juli 2023, yang mana turnamen skala internasional tersebut hanya terpaut lima hari dari kompetisi internasional lainnya, yakni Piala Dunia U-20, yang digelar pada 20 Mei-11 Juni dan Indonesia merupakan tuan rumahnya.

    Editor Team

    COMMENT