Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 20 2022

    Sirkuit Qatar Renovasi, Mandalika Berharap Dapat Menjadi Sirkuit Pembuka MotoGP 2023

    Sirkuit Mandalika berharap bisa menjadi seri pembuka MotoGP 2023 setelah Sirkuit Qatar direnovasi.

    Sirkuit Mandalika. (MotoGP)


    Priandhi Satria, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association, mengatakan bahwa Sirkuit Mandalika siap jika harus menggantikan posisi Sirkuit Losail di Qatar yang sedang direnovasi sebagai pembuka MotoGP 2023. Menurut jadwal MotoGP 2023, Losail memang sudah dipindahkan ke balapan penutup meninggalkan slot bagi pembukaan ajang balap motor paling bergengsi di dunia ini.

    Mandalika menjadi sirkuit terbaru MotoGP, setelah melakukan debut pertamanya menjadi lintasan balap resmi MotoGP pada 18-20 Maret lalu. Meski sempat mengalami kendala hujan lebat yang membuat balapan harus ditunda dan dikurangi jumlah lapnya, namun dari segi kesiapan dan penerapan standar regulasi MotoGP, sirkuit ini menjadi salah satu yang paling indah karena pemandangan alamnya yang sangat indah dan mendapat banyak pujian dari para pebalap.

    "Kami sangat siap, karena ini sudah menjadi agenda rutin. Kami siap setelah WSBK dan dilanjutkan MotoGP. Jadi sekarang pun WSBK akan berlangsng Oktober mendatang. Kami tidak terlalu repot karena sudah ada pakemnya," tutur Priandhi.

    "MotoGP kan tinggal pengulangan saja. Tata cara penyelenggaraan kami sudah tahu, regulasi juga sudah mengerti," imbuhnya saat ditanya perihal kesiapan Sirkuit Mandalika menjadi sirkuit pembuka MotoGP.

    Apabila sukses menjadi sirkuit pembuka MotoGP, seri tersebut rencananya akan digelar pada awal Maret 2023. Meski demikian semua keputusan ada di tangan Dorna, hingga saat ini pihak MGPA masih menunggu kabar soal sirkuit yang akan ditunjuk menjadi pembuka ajang MotoGP 2023 nanti.

    "Sampai saat ini belum ada konfirmasi resmi dari Carmelo Ezpeleta dari Dorna dan penyelenggara MotoGP. Jadi belum tahu apakah akan dia mundurkan atau ganti," tambah Priyandhi.

    Priandhi juga menyampaikan bahwa pihaknya telah mencatat segala evaluasi yang Dorna berikan setelah MotoGP Mandalika 2022. Mandalika tetap memiliki peluang untuk mengisi slot yang kosong tersebut karena pihaknya telah menjadikan kritik dan saran dari Dorna sebagai pedoman untuk menjadikan Sirkuit Mandalika lebih baik lagi.

    "Untuk catatan khusus dari MotoGP hanya pengaspalan di beberapa titik yang masih kurang bagus, sisanya tidak ada. Yang sekarang ini hanya permukaan lintasan saja sama pengecatan di beberapa tikungan," ujarnya.

    Masalah cuaca tidak masuk ke dalam evaluasi dari MotoGP karena mereka sendiri sudah punya jadwal buat di Eropa, jam tayang juga sudah pasti. Jadi mereka sudah tahu konsekuensi di Asia itu sedang hujan di bulan-bulan itu. Jadi ya ini kejadian alam," tutup Priandhi.

    Editor Team

    COMMENT