Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 22 2021

    Tak Lolos Melanjutkan Olimpiade Tokyo, Atlet Angkat Besi Uganda Tak Mau Pulang

    Kawula Muda, ternyata ini bukan kali pertama kejadian atlet menghilang!

    Julius Ssekitoleko, atlet angkat besi dari Uganda. (Dok. ARCHYSPORT)

    Kawula Muda, Jumat (16/7/2021), seorang atlet angkat besi asal Uganda bernama Julius Ssekitoleko dilaporkan hilang dari kamp tempat pelatihannya di Izumisano, sebuah kota di Osaka, Jepang Barat.

    Ssekitoleko juga meninggalkan koper dan secarik kertas yang mengatakan bahwa dirinya tak mau kembali ke negara asalnya. Ia ingin menghabiskan sisa hidupnya di Negara Matahari Terbit itu lantaran kehidupan di Uganda terasa sangat sulit, melansir Reuters.

    Usut punya usut, rupanya atlet yang baru berumur 20 tahun itu gagal lolos memenuhi standar Olimpiade Tokyo 2020 dalam peringkat internasional terbaru yang dirilis setelah dia tiba di Jepang. Ia pun telah dijadwalkan untuk kembali bersama dengan pelatihnya ke Uganda pada Selasa (19/7/2021).

    Melansir AFP, Ssekitoleko akhirnya berhasil ditemukan oleh polisi Osaka di prefektur Mie. Pria itu pun ditemukan tanpa adanya catatan kriminal yang dibuatnya dan tak ada cedera yang dialami.

    Polisi menyebut bahwa Ssekitoleko telah melakukan perjalanan ke Nagoya di wilayah tengah Jepang dan kemudian ke prefektur Gifu terdekat, sebelum pindah ke selatan, ke Mie.

    Namun, belum diketahui kabar selanjutnya apakah Ssekitoleko akan diserahkan ke timnya ataupun kedutaan.

    Di sisi lain, rupanya HYPEBEAST melansir bahwa ini bukan kali pertamanya masalah ini terjadi pada sebuah olimpiade. Tak sedikit juga para atlit yang terlihat tak bahagia di negara asalnya, ketika mengikuti olimpiade atau acara olahraga internasional lainnya.

    Pembelot olimpiade pertama diketahui adalah Ceko Marie Provaznikova, presiden Federasi Senam Internasional, yang berangkat ke Olimpiade London pada tahun 1948, tetapi melanjutkan perjalanan ke Amerika, di mana dia tinggal selama sisa hidupnya.

    Baru-baru ini dua atlet dari Guinea juga gagal pulang dari Olimpiade Rio 2016, sementara 21 atlet dan pelatih hilang dari Desa Olimpiade London 2012 dengan tambahan 82 atlet, pelatih, dan delegasi Olimpiade mengajukan permohonan tempat tinggal selama pertandingan.

    Editor Team

    COMMENT