Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 02 2022

    Timnas Indonesia akan Tinggalkan AFF, Gabung EAFF?

    Kira-kira timnas Indonesia baiknya pindah asosiasi apa tetep di AFF nih Kawula Muda?

    Timnas Indonesia U-19 (Twitter/PSSI)


    Timnas Indonesia dalam hal ini PSSI selaku federasi sepakbola tertinggi di Indonesia semakin menguatkan keinginan untuk meninggalkan Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF).

    Hal ini diperkuat karena pesaing kuat Indonesia di AFF, yakni Thailand berencana menurunkan Timnas Thailand U-23 di Piala AFF 2022 mendatang, yang terkesan meremehkan kompetisi dua tahunan tersebut.

    Timnas Indonesia dikabarkan akan bergabung dengan Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF), jika benar akan meninggalkan AFF nantinya.

    “Jadi setelah ini kita akan diskusikan dengan anggota Exco PSSI untuk membahas untung ruginya kita keluar atau tidak dari AFF. Setelah itu baru kita putuskan,” ujar Sekjen PSSI Yunus Nusi, dilansir dari laman resmi PSSI.

    “Beri kami waktu dulu. Setelah semua clear, pada waktunya kita akan sampaikan kepada publik,” imbuhnya.

    undefinedImage Caption

    Dengan pindah ke EAFF, harapannya Timnas Indonesia bisa naik level, karena nantinya akan sering bertemu dengan negara Asia Timur lainnya, seperti Jepang atau Korea Selatan yang kualitas permainannya kerap merepotkan negara-negara asal Eropa.

    Selain bisa bergabung dengan EAFF, Indonesia memiliki opsi lain untuk bergabung dengan Federasi Sepakbola Asia Tengah (CAFA), yang beranggotakan Iran, Uzbekistan, Kirgizstan dll.

    Tetapi, CAFA tidak memiliki turnamen level senior seperti Piala AFF senior. Oleh karena itu, Timnas Indonesia wajib rutin turun di FIFA Matchday dan menembus ajang-ajang besar seperti Piala Asia, jika ingin memperbaiki ranking FIFA.

    Editor Team

    COMMENT