Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 08 2022

    Timnas Indonesia vs Kuwait, Asa untuk Mengalahkan Tim Asal Timur Tengah

    Hai Kawula Muda! Timnas Indonesia malam ini akan menjalani laga perdananya melawan Kuwait

    Indonesia vs Bangladesh (ANTARA/Agung Rajasa)


    Timnas Indonesia akan melakoni pertandingan perdananya pada Kualifikasi Piala Asia 2023 menghadapi sang tuan rumah, Kuwait di Stadion Jaber Al Ahmad, Kuwait malam ini (8/6/2022).

    Kedua kesebelasan tampak telah siap, dengan sebelumnya melakukan pertandingan persahabatan untuk mempersiapkan diri menghadapi kompetisi tersebut.

    Timnas Indonesia sebelumnya menghadapi Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kab. Bandung (1/6/2022) kemarin. Pada laga tersebut Pasukan Garuda dipaksa harus menelan hasil Imbang dengan Bangladesh.

    Meski menguasai pertandingan dengan total 71 persen penguasaan bola, Indonesia masih belum dianggap bermain baik. Pasalnya rating FIFA Timnas Indonesia jauh berada di atas Bangladesh. Timnas Indonesia memiliki rating FIFA 159, sedangkan Bangladesh sendiri berada di urutan 188.

    Sementara itu Kuwait yang akan menjadi lawan Indonesia malam nanti sukses dalam melakukan laga uji coba. Kuwait melawan tim dari negara Asia Tenggara lainnya, yakni Singapura. Kuwait berhasil menundukkan Singapura yang prestasinya lebih mentereng dibanding Timnas Indonesia dengan skor 2-0.

    Indonesia memang acap kali kesulitan ketika menghadapi Tim dari negara Timur Tengah.

    Pada kualifikasi Piala Dunia 2022 misalnya, Indonesia lagi-lagi dibuat tak berdaya oleh tim dari Timur Tengah, yakni Uni Emirat Arab dengan skor telak 0-5.

    undefinedImage Caption

    Rekor memalukan Timnas Indonesia melawan tim asal Timur Tengah terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 2014. Pasukan Garuda harus menelan pil pahit setelah dikalahkan Bahrain dengan skor 0-10.

    Menghadapi Kuwait merupakan pertandingan yang cukup sulit. Pertemuan terakhir Indonesia dan Kuwait terjadi 13 tahun silam. Pada saat itu, kedua timnas berhadapan di turnamen yang sama, yakni kualifikasi Piala Asia 2010.

    Seperti yang sudah-sudah dengan tim asal Timur Tengah lainnya, Indonesia mengaku kalah dan gagal lolos Kualifikasi Piala Asia dengan rincian satu kali kalah (2-1) dan satu kali imbang (1-1).

    Timnas Indonesia kehilangan pemain andalannya malam nanti. Egy dan Evan Dimas harus absen lantaran cedera. Kendati demikian Timnas Indonesia masih memiliki pemain-pemain lain yang cukup bisa diandalkan untuk melawan pemain Kuwait.

    Kuwait tentu diprediksikan bisa menang, bermain di kandang sendiri membuat pemain-pemain Kuwait akan lebih percaya diri.

    Dari sisi peringkat di FIFA, Kuwait masih lebih baik dari Indonesia. Tim asuhan Vitezslav Lavicka ini menempati rangking 146 dunia. Sedangkan Indonesia berada di bawahnya pada posisi 159.

    Meski Timnas Indonesia tak diunggulkan, dengan catatan sejarah yang kurang baik, tentu itu bukan indikator pada pertandingan malam nanti.

    Prediksi susunan pemain

    Timnas Kuwait

    Aid Al Khaldi; Sami Al Sanea, Fahad Al Hajeri, Al Fadhli, Ahmed Al Dhefiri; Ayedh, Faneeni, Abujabarah, Fahad Al Ansari, Eid Al Rashidi; Ebrahim Kameel.

    Pelatih: Viteslav Lavicka


    Timnas Indonesia

    Nadeo Argawinata; Pratama Arhan, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam; Marc Klok, Ricky Kambuaya, Stefano Lilipaly; Witan Sulaeman, Irfan Jaya, Muhammad Rafli.

    Pelatih: Shin Tae-yong

    Editor Team

    COMMENT