Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 10 2022

    Valentino Rossi Pensiun, MotoGP 2022 Krisis Penonton

    Kawula Muda, MotoGP mengalami pengurangan jumlah penonton yang diduga karena pensiunnya Valentino Rossi.

    Valentino Rossi. (Twitter)


    Jumlah penonton MotoGP di Portimao dan Jerez memang sedikit. Namun, jumlah penonton di Le Mans naik drastis. Tetapi, akibat hasil penonton Mugello dan Catalunya-lah yang menjadi kejelasan perihal berkurangnya jumlah penonton MotoGP sejak kepergian Valentino Rossi.

    Pada 2019 jumlah penonton Race Day di Jerez bisa mencapai 75 ribu dan pada Weekend 151 ribu. Sekarang pada Race Day hanya berjumlah 58 ribu orang dan Weekend 123 ribu orang. MotoGP sepertinya memang tengah sedikit kesulitan dalam penurunan jumlah penonton.

    Kemudian, banyak spekulasi yang bermunculan tentang hal yang menjadi penyebab menurunnya jumlah penonton MotoGP, salah satunya adalah pensiunnya Vallentino Rossi.

    Sejak Rossi pensiun, sudah tidak ada lagi bukit yang diselimuti warna kuning stabilo, flare berwarna kuning, dan gelombang penggemar MotoGP yang ramai antre masuk/keluar sirkuit.

    Ditambah dengan hilangnya sosok idola baru, Marc Marquez, yang harus berkutat dengan cederanya. Begitu juga dengan Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo, yang juga menghilang dari ajang MotoGP.

    Nama-nama di atas adalah para pebalap yang mampu menyeret penonton ke sirkuit dan membuat MotoGP memiliki referensi. Magnet yang mampu mereka bawa ke lintasan membuat para penggemar puas datang ke sirkuit.

    Para pebalap yang tengah bersaing musim ini dianggap kurang memiliki daya tarik untuk menarik penggemar di arena balap. Meski ada beberapa nama baru yang mencuat ke permukaan, seperti Fabio Quartararo dan Johann Zarco yang memang sempat memancing penonton di Prancis karena persaingan keduanya, namun sayang keduanya dinilai masih kurang konsisten di arena balap.

    Editor Team

    COMMENT