Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 13 2021

    5 Aplikasi Edit Video di Android yang Bisa Dinikmati Secara Gratis

    Kawula Muda, siapa nih yang demen banget ngedit video di HP?

    Ilustrasi merekam video menggunakan Android. (Dok. TECHNOLOGYIES)

    Media sosial terus berkembang menjadi wadah kreativitas sekaligus tempat hiburan bagi orang-orang saat suntuk dengan sekolah maupun pekerjaan. Tak hanya itu, media sosial juga sering digunakan untuk membagikan ilmu-ilmu maupun informasi terkini.

    Tak bisa dipungkiri bahwa semakin hari, jiwa kreativitas dalam diri setiap orang semakin tergugah dengan banyaknya aplikasi berbasis video seperti YouTube, TikTok, dan juga Instagram yang baru-baru ini merilis fitur Reels.

    Tentunya, hal ini membuat pengguna smartphone membutuhkan aplikasi sederhana untuk mengedit video-videonya dengan unik dan enak dilihat. Untungnya, Android telah menyediakan berbagai macam aplikasi edit video yang bisa kamu nikmati secara gratis. 

    Merangkum dari INFOKOMPUTER, berikut lima aplikasi edit video untuk Android:

    1. InShot

    Kawula Muda, aplikasi ini memiliki banyak sekali pengguna karena telah mendukung format video untuk Instagram dan YouTube. Aplikasi ini dikemas secara sederhana dan mudah digunakan, sehingga sangat cocok untuk pemula, nih

    Pengguna nantinya bisa menggabungkan klip video, menambahkan musik yang telah disediakan dalam beberapa kategori, juga memasukkan teks dan emoji dalam sebuah video. Tak hanya itu, terdapat juga fitur speed untuk mengatur kelambatan maupun kecepatan sebuah video.

    Aplikasi InShot ini telah diunduh lebih dari 100 juta orang, dan mendapatkan penilaian yang mendekati sempurna yaitu 4,8 bintang.

    2. Adobe Premiere Clip

    aplikasi edit video adobe premiere clipAplikasi Adobe Premiere Clip kini tersedia di Android. (Dok. ADOBE)

     

    Aplikasi Adobe Premiere merupakan aplikasi edit video yang banyak diandalkan pengguna PC. Untungnya, aplikasi ini bisa hadir dalam genggaman kamu dengan nama Adobe Premiere Clip, Kawula Muda.

    Seperti namanya, aplikasi ini dibuat oleh perusahaan pengembang perangkat lunak (software) bernama Adobe. Aplikasi ini memiliki beragam fitur edit seperti memotong, memangkas, menambahkan transisi, musik, filter, serta efek-efek estetika lainnya.

    Selain itu, aplikasi ini juga bersih dari iklan, Kawula Muda. Namun, aplikasi ini diketahui memiliki waktu yang terbatas dalam mengedit video. Tentunya, hal ini bisa diatasi dengan melanjutkan pengeditan di keesokan harinya.

    3. PicsArt

    aplikasi edit picsartIlustrasi pemilihan efek di PicsArt. (Dok. PICSART)

     

    Selain mengedit foto, PicsArt juga diketahui bisa mengedit video, nih, Kawula Muda. Aplikasi serba lengkap ini memampukan kamu untuk membuat kolase, membuat stiker, dan menyediakan efek Sketsa seperti efek glitch dan filter vintage. 

    PicsArt juga menjadi favorit banyak pengguna karena terdapat komunitas bak media sosial di dalam aplikasi. Kamu bisa membuat akun, bergabung dalam komunitas, dan mengunggah hasil karyamu pada aplikasi tersebut, lho.

    Melansir keterangan aplikasi PicsArt di Play Store, pengembang PicsArt menyebut aplikasi jebolannya telah berada di urutan ke-14 dalam daftar aplikasi yang paling banyak diunduh pada tahun 2019.

    Terlebih lagi, tercatat lebih dari 700 juta unduhan hingga saat ini, serta 4,3 bintang di Play Store, dan mendapatkan 4,8 bintang di App Store untuk pengguna iOS.

    4. KineMaster

    aplikasi edit video kinemasterIlustrasi edit video di aplikasi KineMaster. (Dok. KINEMASTER)

      

    KineMaster merupakan aplikasi edit video buatan NexStreaming, perusahaan perangkat lunak multimedia global, yang telah diakui oleh beberapa negara maju.

    Aplikasi ini menjadi aplikasi kesukaan pengguna Android karena sangat mudah digunakan, dan mengantongi sejumlah fitur seperti editor di komputer.

    Fitur-fitur tersebut antara lain menambah berbagai efek pada video seperti filter audio, transisi, hingga menambahkan efek-efek lucu di dalamnya. Tentunya, masih banyak lagi fitur yang ditawarkan oleh KineMaster. Namun, video yang dihasilkannya nanti akan memunculkan watermark bertuliskan KineMaster.

    5. FilmoraGo

    aplikasi edit video filmoragoIlustrasi mengedit video dalam aplikasi FilmoraGo. (Dok. FILMORAGO)

     

    Selanjutnya, ada aplikasi FilmoraGo yang masuk dalam daftar teratas ketika kamu mencari aplikasi video editor dalam Play Store. Pasalnya, aplikasi ini juga menyajikan fitur edit video yang lengkap, tombol virtual berukuran besar, dan hasil video tanpa watermark.

    Tak berhenti sampai situ, aplikasi ini juga mendukung fitur audio mixer yang memungkinkan kamu menggabungkan suara voice over dengan suara asli dalam video. Tentunya, kamu juga bisa memberikan sentuhan personal dengan efek animasi unik, serta menambahkan teks dalam video.

    Hanya memiliki bobot 36,71MB, aplikasi FilmoraGo sendiri telah diunduh lebih dari 10 juta kali dan mengantongi 4 bintang di Play Store.

    Dari kelima aplikasi edit video di atas, mana, nih, yang akan menjadi aplikasi favoritmu, Kawula Muda?

    Editor Team

    COMMENT