Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 06 2021

    5 Rekomendasi Air Purifier dengan HEPA yang Mampu Menangkal Covid-19

    Kawula Muda, CDC ungkap air purifier dengan HEPA bisa cegah penularan Covid-19

    Ilustrasi air purifier. (Dok. NOLISOLI)

    Bukan mitos, rupanya air purifier benar-benar bisa menangkal penyebaran Covid-19.

    Dilansir detikINET, Centers for Disease Control (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat membenarkan hal itu, namun hanya air purifier dengan high-efficiency particulate air (HEPA) sajalah yang dinilai efektif mencegah Covid-19.

    HEPA adalah jenis filter udara mekanis yang bekerja dengan menyaring 99,97% debu, serbuk sari, jamur, bakteri, dan partikel udara apapun meskipun berukuran 0,3 mikron (µm) sekalipun. 

    Tak bisa dihindari bahwa pastinya kita lebih banyak menghabisi waktu di ruangan tertutup. Terlebih lagi dengan adanya PPKM Darurat yang mengharuskan kita untuk bekerja dari rumah (WFH).

    Untuk mengurangi kekhawatiran kamu dalam beraktivitas, berikut ini 5 rekomendasi Air Purifier yang bisa kamu gunakan untuk ruang tertutup:

    1. Samsung Air Purifier AX60 (Rp3.299.000)

    samsung air purifierSamsung Air Purifier AX60. (Dok. SAMSUNG)

     

    Samsung Air Purifier AX60 menyediakan perangkat yang mampu menjaga kualitas udara tetap bersih. Hal ini karena Samsung menggunakan tiga lapisan filter yang ada di dalamnya, yaitu pre-filter, activated carbon deodorization, dan HEPA.

    Activated carbon deodorization ini gunanya untuk menghilangkan bau dan gas berbahaya. sedangkan filter HEPA digunakan untuk menyaring partikel super kecil, termasuk bakteri dan virus.

    Tak hanya itu, Samsung juga telah menyediakan tiga arah aliran udara, sehingga kamu bisa meletakkan air purifier ini berdekatan dengan tembok. Selain itu, terdapat juga lampu indikator yang bisa menunjukkan kualitas udara di ruangan.

    Hebatnya, perangkat ini bisa diatur dari jauh menggunakan smartphone.

    2. Xiaomi Mi Air Purifier 3C (Rp1.649.000)

    xiaomi air purifierXiaomi Mi Air Purifier 3C. (Dok. XIAOMI)

     

    Meskipun lebih murah, spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi pada Mi Air Purifier 3C juga tak kalah menarik.

    Air purifier ini juga memiliki tiga filter yang sangat efisien untuk membersihkan udara. Dengan Clean Air Delivery Rate dan sirkulasi tiga dimensi 360°, air purifier ini bisa memasok udara bersih tahan lama dengan kecepatan yang tinggi dan tanpa menimbulkan suara bising.

    Pada bagian depan perangkat, terpampang layar LED digital yang menampilkan informasi real-time untuk kadar partikel PM2.5, status Wi-Fi, dan mode pengoperasian.

    Dilengkapi dengan cincin lampu tiga warna, kelebihan ini bisa menjadi acuan berkecepatan tinggi untuk kualitas udara dalam ruangan. Tentunya gambaran kualitas udara yang dihirup bisa kita lihat secara mudah.

    Menariknya, pengoperasian air purifier ini bisa dilakukan lewat aplikasi Mi Home, Google Assistant atau Alexa.

    3. Philips 3000i Series AC3033/10 (Rp7.299.000)

    air purifier philipsPhilips Series 3000i. (Dok. PHILIPS)

     

    Air Purifier ini dapat memberikan kualitas udara yang sangat bersih ke setiap sudut ruangan yang memiliki luas 135m2.

    Penyaluran udara bersih (CADR) pun juga meningkat hingga 520 m3/jam. Artinya, air purifier ini bisa membersihkan udara hanya dalam 6 menit untuk ruangan seluas 20 m2 .

    Air purifier ini juga sudah dilengkapi tiga filter yaitu NanoProtect HEPA, filter karbon aktif, dan prafilter. Tak hanya itu, air purifier ini juga didukung oleh teknologi yang bisa mendeteksi partikel halus dan gas, menunjukkan kadar alergen dan PM2.5 dalam bentuk angka, dan menunjukkan ring warna yang intuitif. 

    Soal mengontrol pembersih udara jarak jauh pun bisa dilakukan dengan aplikasi Clean Home+.

    4. LG PuriCare 360° Air Purifier

    air purifier lgLG PuriCare 360° Air Purifier. (Dok. LG)

     

    LG PuriCare 360° Air Purifier telah memiliki sistem penyaringan udara Safe Plus Filter dan Ionizer. Safe Plus Filter merupakan proses penyaringan udara berlapis yang benar-benar membersihkan udara. Tak hanya sekadar membebaskan ruang dari partikel debu, mikro, dan allergen seperti pada saringan udara konvensional. 

    Dengan deodorization filter serta sistem penyaringan yang memadukan H13 Grade HEPA Filter dan Ionizer, air purifier ini mampu memberikan perlindungan dengan mengeliminasi bakteri dan virus secara efektif.

    Smart indicator juga telah disematkan dalam perangkat ini sehingga memudahkan kamu untuk memantau proses pembersihan udara. Saat air purifier diaktifkan, smart indicator akan otomatis mendeteksi kualitas udara dalam ruang, dengan menampilkan cahaya lampu dengan warna yang berbeda.

    LG Puri Care 360° Air Purifier ini juga sudah bisa dikendalikan lewat smartphone, lho.

    5. Sharp Air Purifier KI-L80Y-T (Rp8.399.000)

    air purifier sharpSharp Air Purifier KI-L80Y-T. (Dok. SHARP)

     

    Sharp Air Purifier KI-L80Y-T secara spesifik dapat menjangkau ruangan berukuran 62 m2. Fitur Ion Plasmacluster dengan HD25000 pada mode normal juga tak kalah hebat dalam menetralisir bau tak sedap dengan waktu yang lebih cepat.

    Deodorization filter juga sudah ada dalam air purifier ini untuk menghilangkan debu alergi dan partikel kecil berbahaya dari udara, Kawula Muda.

    Fitur Humidifier merupakan salah satu fitur yang membedakan perangkat ini dengan air purifier lainnya. Fitur Humidifier itu berfungsi untuk mengontrol tingkat kelembaban di dalam ruangan, sehingga kamu tidak akan lagi merasakan ruangan yang kering karena AC.

    Selain bisa dikontrol dengan smartphone, kamu juga bisa memantau konsumsi listrik, kondisi ruangan, hingga  pemberitahuan jika ada komponen dari air purifier yang bermasalah, lho.

    Kawula Muda bakal beli yang mana, nih?

    Editor Team

    COMMENT