Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Feb 10 2022

    Apple Perkenalkan Fitur Pembayaran Terbaru, Tap to Pay!

    Wah, jadi makin praktis ya, Kawula Muda!

    Apple siapkan inovasi pembayaran terbaru dengan iPhone (UNSPLASH/Kevin Bhagat)

    Perusahaan teknologi raksasa dunia, Apple, baru saja memperkenalkan metode pembayaran terbaru yang diberi nama “Tap to Pay.”

    Sesuai dengan namanya, pengguna iPhone dapat melakukan berbagai pembayaran hanya dengan sekali sentuh. Misalnya saja untuk membayar Apple Pay hingga berbagai dompet digital. 

    Ilustrasi iPhoneIlustrasi iPhone. (UNSPLASH)

     

    Bahkan, teknologi terbaru tersebut juga disebut memungkinkan pembayaran kartu kredit tanpa mesin pembaca kartu.

    Akan ada aplikasi pihak ketiga, yakni Strip, yang direncanakan akan dirilis Apple pada akhir tahun ini. Aplikasi tersebut akan menjadi satu-satunya aplikasi yang dapat mengatakan fitur "Tap to Pay" tersebut.

    Nantinya, Near-Field Communication (NFC) yang sudah tersemat di ponsel iPhone dapat membaca data kartu dan melakukan pembayaran dengan aman.  Selain untuk kartu kredit, fitur tersebut juga dapat menerima pembayaran lewat Visa, American Express, serta Mastercard tanpa melakukan kontak secara langsung. 

    Walaupun begitu, Apple belum memberikan keterangan lebih lanjut bagaimana fitur tersebut bekerja apabila dibutuhkan pengembalian dana atau refund. 

    Inovasi tersebut tentu sangat bermanfaat untuk memudahkan transaksi digital, terutama bagi para wisatawan. Hal itu dikarenakan teknologi tersebut dapat meminimalkan kemungkinan penipuan yang sering terjadi apabila menggunakan kartu fisik untuk pembayaran. 

    Selama satu tahun terakhir, Apple memang tengah mengembangkan teknologi dompet digital di iPhone. Misalnya saja kerja sama dengan Hyatt untuk memungkinkan kunci digital lewat Wallet. 

    Sementara itu, saat ini layanan tersebut masih terbatas dikembangkan di Amerika Serikat. Pengembang juga dikabarkan tengah mematangkan fitur tersebut di versi iOS terbaru yang akan datang. Dikatakan pula, fitur tersebut hanya bisa diakses oleh pengguna iPhone XS dan iPhone generasi selanjutnya. 

    Editor Team

    COMMENT