Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 22 2021

    Apple Tawarkan MacBook Pro dengan Dua Pilihan Prosesor M1 Pro dan M1 Max, Apa Bedanya?

    Kawula Muda, lo ngincer MacBook Pro 2021 enggak, nih?

    MacBook Pro 2021. (Dok. APPLE)

    Kawula Muda, Apple baru saja meluncurkan MacBook Pro terbaru pada acara Apple bertajuk "Unleashed" Selasa (19/10/2021) WIB. Menariknya, perusahaan teknologi raksasa itu menawarkan dua pilihan prosesor yang berbeda untuk ukuran 14 inci dan 16 inci, yakni M1 Pro dan M1 Max.

    Bezelnya pun kini diklaim 24 persen lebih tipis dibandingkan dengan pendahulunya. Pada MacBook Pro 2021 kali ini, diketahui lebar bezelnya hanya 3,5 mm.

    Sementara itu, dudukan kameranya pun kini terlihat menggantung dengan adanya notch (poni) seperti seri iPhone beberapa tahun terakhir. 

    Dengan adanya prosesor M1 Pro dan M1 Max, rupanya Apple tak hanya ingin sekadar janji. Melainkan, perusahaan besutan Steve Jobs tersebut ingin laptop buatannya terus berinovasi dengan baik.

    Layarnya pun digadang-gadang telah mendukung refresh rate sebesar 120Hz.

    Chip M1 Pro dan M1 MaxChip M1 Pro dan M1 Max. (Dok. APPLE)

     

    Kinerja prosesor lebih baik dibandingkan M1 reguler

    Melansir KOMPAS.com, meskipun kedua prosesor tersebut sama-sama fabrikasi 5nm. Namun, keduanya menawarkan spesifikasi yang cukup berbeda.

    M1 Pro diklaim dapat meningkatkan performa CPU sebesar 70 persen dan grafis hingga dua kali lipat jika dibandingkan dengan M1 reguler.

    Bagaimana tidak, keduanya diketahui memiliki inti CPU sebanyak sepuluh inti (10-core). Delapan inti untuk kinerja berat, sedangkan dua inti lainnya untuk menghemat daya baterai.

    Berbeda dengan M1 reguler yang hanya memiliki delapan inti. Dengan 4 inti untuk kinerja berat dan 4 inti untuk menghemat daya. 

    Jika melihat kinerja GPU, M1 Pro sendiri memiliki enam belas inti (16-core), dengan 2.048 execution units (EUs), dukungan RAM hingga 32 GB, dan bandwidth memori hingga 200 GB/detik. 

    Berbeda dengan M1 Max yang mempunyai kemampuan GPU dan memori dua kali lipat lebih mumpuni dibanding M1 Pro, yaitu GPU 32-core, dengan 4.096 EUs, serta RAM hingga 64 GB, dan bandwidth memori mencapai 400 GB/detik.

    Melansir HarapanRakyat, Apple juga sudah menyematkan teknologi keamanan Secure Enclave untuk memberi perlindungan ekstra untuk data para pengguna.

    Tak berhenti sampai di situ, Kawula Muda, karena Apple juga mengintegrasi teknologi ProRes untuk memproses video profesional, lho.

    MacBook Pro 2021 dibekali layar panel Liquid Retina XDR, mini LED backlit, serta tingkat kecerahan hingga 1000 nits untuk memudahkan para penggunanya mengolah konten HDR.

    Ilustrasi MacBook dengan touch barIlustrasi MacBook dengan touch bar. (Dok. APPLE)


    Sayangnya, tidak ada touch bar pada seri kali ini. Namun, akan ada tombol fisik untuk mengatur kecerahan volume serta pemutaran media.

    MacBook Pro 2021 akan hadir dengan dua pilihan warna Space Grey dan Silver. Sementara itu, kamu bisa membeli MacBook Pro pada 26 Oktober mendatang dengan harga kisaran Rp28 juta hingga Rp49,4 juta.

    Gimana menurut kamu, Kawula Muda, dengan spesifikasi MacBook Pro tahun ini?

    Editor Team

    COMMENT