Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 16 2021

    Banyak yang Tak Sadar, Ternyata Ini 6 Alasan Mengapa HP Lemot Saat Buka Aplikasi

    Kawula Muda, siapa nih yang HPnya langganan lemot?

    Ilustrasi HP lemot. (VICI MEDIA)

    Kawula Muda, HP lemot pastinya sering dialami oleh pengguna smartphone. Hingga saat ini, mungkin masih banyak juga yang merasa bahwa faktor utama HP lemot saat buka aplikasi yaitu karena smartphone-nya sudah berumur.

    Ada juga yang menduga bahwa melambannya performa HP disebabkan oleh kerusakan tertentu pada hardware.

    Eits, jangan langsung berasumsi dulu, Kawula Muda. Melansir INFOKOMPUTER, rupanya masalah HP lemot ini sangat sederhana dan mudah diatasi, lho!

    Berikut ini ada enam faktor utama mengapa sebuah smartphone bisa lemot:

    1. Memori internal dan eksternal yang penuh

    Faktor paling utama suatu smartphone bisa lemot yaitu karena memori internal dan eksternal yang mendekati atau sudah penuh. Tentunya, setiap smartphone memiliki kapasitas memori internal dan eksternal yang berbeda. Jika kamu tak lagi memakai beberapa aplikasi, cobalah untuk meng-uninstall-nya agar memori bisa lebih lega dan aktivitasmu tak akan terhalang.

    2. Mengunduh aplikasi tidak resmi


    ilustrasi malware aplikasi hp smartphoneIlustrasi malware. (PIXABAY)

     

    Seringkah kamu mengunduh aplikasi di luar Google Play Store atau App Store? Kalau iya, ini saatnya kamu untuk berhenti. Lantaran, aplikasi-aplikasi tidak resmi memiliki bobot terlalu besar atau bisa jadi membawa malware pada smartphone kamuTentunya hal ini akan membuat smartphone kamu bekerja lebih keras saat membuka aplikasi.

    Tak hanya itu, data kamu juga bisa dicuri jika mengunduh aplikasi yang tidak resmi, Kawula Muda.

    3. Menggunakan widget berlebihan

    Widget memang salah satu fitur yang menarik pada sebuah smartphone. Salah satu contohnya adalah dapat menampilkan gambar animasi yang unik dan menarik. Namun, jika kamu memakai widget terlalu banyak, tentunya ini akan memengaruhi performa smartphone kamu.

    4. Cache tak pernah dibersihkan

    Tak banyak yang tahu, bahwa setiap kamu membuka aplikasi, kamu akan menghasilkan cache. Cache yang menumpuk inilah yang membuat kapasitas memori internal kamu terus berkurang. Rajinlah menghapus cache setidaknya setiap minggu, ya, Kawula Muda.

    5. Membuka banyak aplikasi bersamaan

    membuka banyak aplikasi di smartphoneIlustrasi multitasking. (IOS GADGET HACKS)

     

    RAM menjadi salah satu fitur yang terus dikembangkan oleh pembuat smartphone. Ini menjadi bagian yang sangat vital untuk menunjang kegiatan multitasking penggunanya. 

    Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin banyak juga aplikasi yang dapat dibuka secara bersamaan. Jika kapasitas RAM kamu kecil, jangan membuka aplikasi terlalu banyak, ya!

    6. Baterai melemah

    Faktor terakhir tetapi menjadi faktor yang krusial adalah kinerja baterai. Kualitas baterai sendiri dipengaruhi oleh cara kamu merawatnya, lho. Biasakan untuk isi daya baterai menggunakan kabel dengan arus yang sesuai dan cocok untuk smartphone kamu, ya. Selain itu, jangan dibiasakan untuk bermain game saat mengisi daya baterai, karena itu akan memperburuk performa baterai.

    Jika sudah terlambat, boleh juga dengan mengganti baterai smartphone kamu agar masalah dapat teratasi.

    Dari keenam alasan tersebut, mana, nih, yang sudah kamu lakukan?

    Editor Team

    COMMENT